Resep Ramuan Obat Batuk Alami Untuk Ibu hamil Muda

Masa kehamilan adalah masa yang paling membahagiakan bagi seorang wanita. Ketika dalam masa kehamilan, seorang ibu harus benar-benar menjaga kesehatannya terutama saat hamil muda. Karena kesehatan ibu hamil tentu berhubungan dengan kesehatan janin dalam kandungan. Seorang ibu yang hamil muda, biasanya mengeluhkan mengalami masalah batuk. Dan batuk yang dialami bila sudah semakin parah dan tidak ditangani, akan menyebabkan sakit di bagian perut.

Hal itu tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena kemungkinan bisa mempengaruhi perkembangan bayi. Obat batuk untuk ibu hamil muda sebenarnya bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah batuk, tetapi sebaiknya menggunakan obat batuk secara alami. Obat batuk untuk ibu hamil muda secara alami selain aman untuk anda, terlebih aman untuk janin dalam kandungan anda.

Resep Ramuan Obat Batuk Alami Untuk Ibu hamil Muda - BidanAnda.com

Berikut beberapa obat batuk untuk ibu hamil muda, antara lain:

Jeruk nipis

Obat batuk untuk ibu hamil muda bisa menggunakan jeruk nipis. Untuk menggunakan jeruk sebagai obat batuk untuk ibu hamil muda, cukup mencampur air perasan jeruk nipis dengan kecap, dan bisa diminum 3 kali sehari atau sampai batuk sembuh. Alasan ilmiahnya adalah, bahwa jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan juga mengandung bio flavanoit yang merupakan zat anti oksidan dan ini membantu untuk melawan virus dan juga memperceoat pemulihan kondisi metabolisme tubuh.

Air putih

Air putih juga dapat anda jadikan obat batuk untuk ibu hamil muda, karena biasanya batuk pada ibu hamil muda disebabkan adanya lendir dalam tenggorokan. Dan dengan banyak minum air putih, akan membersihkan lendir yang terdapat di bagian tenggorokan. Air putih juga membantu untuk mendinginkan tenggorokan sehingga tidak memancing rasa ingin batuk.

Madu

Manfaat madu sangat baik untuk kesehatan, salah satunya sebagai obat batuk untuk ibu hamil muda. Campurkan madu dan air perasan jeruk lemon dengan air hangat, minum secara teratur agar batuk cepat terobati. Tetapi ada sebagian dokter yang justru melarang minum madu saat batuk karena menurut dokter tersebut jika batuknya dipicu oleh alergi maka akan semakin parah atau memperburuk kondisi.

Jahe

Obat batuk untuk ibu hamil selanjutnya yaitu jahe. Campuran antara jahe dengan teh dipercaya dapat melegakan tenggorokan ketika mengalami batuk. Minumlah ramuan ini secara teratur untuk mengobati batuk, dan juga untuk menghangatkan badan. Perlu juga diingat untuk jahe harap diperhatikan tekanan darah anda, karena jahe secara alamiah meningkatkan tekanan darah beberapa bar (ini studi di beberapa pasien dan diri sendiri)

Daun kemangi

Selain digunakan sebagai pelengkap makanan, kemangi juga bermanfaat  sebagai salah satu obat batuk untuk ibu hamil muda. Rutinlah minum air rebusan daun kemangi untuk mengobati batuk yang anda derita. Dan untuk diketahui, air rebusan daun kemangi ampuh untuk mengobati jenis batuk kering.

Kencur

Jika anda mengalami batuk berdahak, anda bisa menggunakan kencur sebagai obat batuk untuk ibu hamil. Tumbuk kencur dan jahe, kemudian ambil airnya. Lalu minum air kencur dan jahe untuk mengatasi batuk berdahak anda. Saya sendiri pernah mencoba menggunakan kencur saat batuk tetapi kurang mempunyai efek penurunan frekwensi batuk cuma ada beberapa orang lagi yang  mencoba dan terasa lebih ringan. Jadi karena memang secara klinis belum diteliti secara mendalam silahkan dicoba saja karena resikonya kecil.

Anggur

Anggur dapat anda jadikan obat batuk untuk ibu hamil muda. Ini karena kandungan dalam buah anggur seperti obat batuk ekspektoran, yang mampu melegakan tenggorokan. Cukup mengkonsumsi buah anggur secara rutin hingga batuk anda sembuh.

Itulah beberapa obat batuk untuk ibu hamil muda. Apabila setelah mencoba obat batuk untuk ibu hamil muda tersebut batuk yang anda derita belum kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter  atau paling tidak ke Bidan Anda untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

 

Tags:, , , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *