Ini Pentingnya Kalsium di Masa Kehamilan

Masa-masa kehamilan adalah masa penting untuk menjaga agar kebutuhan tubuh ibu hamil dan kebutuhan janin terpenuhi, kebutuhan kalsium pun semakin meningkat. Oleh karenanya pastikan ibu hamil mengonsumsi nutrisi yang cukup, termasuk kalsium, untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Bidan anda tentu tidak lupa memberikan tambahan sutrisi kalsium kepada ibu sekalian.

Mengapa perlu kalsium?

Kalsium dibutuhkan semua usia, yaitu:

  • Anak-anak membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk mengembangkan tulang dan gigi yang kuat.
  • Remaja membutuhkan untuk mencapai potensi tinggi penuh mereka, sementara orang dewasa membutuhkan nutrisi ini untuk menjaga kesehatan tulang saat menjalani kehidupan yang aktif.
  • Bagi Lansia, kalsium dan vitamin D untuk mencegah osteoporosis dan meminimalkan risiko cedera dan patah tulang.

Selain zat besi dan asam folat, kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi yang perlu ibu hamil konsumsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

  • Bagi ibu, untuk membantu mencegah gejala kekurangan kalsium seperti sakit punggung yang berkelanjutan dan gigi rapuh, yang juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyebab kelahiran prematur.
  • Bagi janin, untuk perkembangan gigi dan tulang bayi, serta kemampuan untuk mengembangkan tulang dan saraf yang kuat dan sehat.

Nutrisi Kalsium Magnesium untuk ibu hamil

Di mana mendapatkan kalsium?

Kita bisa mendapatkan kalsium melalui makanan seperti ikan teri (ikan bilis), susu, keju rendah lemak, kedelai, sarden, kacang almond, sayuran hijau, kacang-kacangan/lentil, yogurt, dan tahu. Kalsium juga bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi Nutrilite CalMag D, yang mengandung kalsium yang bersumber dari rumput laut serta 10 mcg Vitamin D3 per 3 tablet untuk konsumsi harian yang setara dengan 400 IU.

  • Pada umumnya, tubuh orang dewasa memerlukan asupan 1000-1200 mg kalsium per hari. Kalsium adalah salah satu mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh saraf, jantung, dan sistem pembekuan darah agar bisa berfungsi dengan baik.
  • Magnesium adalah salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Magnesium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan jantung, hingga membantu mencegah dan mengurangi stress.
  • Vitamin D adalah vitamin penting berperan penting terhadap sistem imun untuk menjaga sistem imunitas bawaan (innate immunity).
    Vitamin D3 dapat diperoleh dari makanan yang mengandung sumber protein hewani, seperti ikan laut, telur, dan susu. Tubuh memerlukan Vitamin D3 untuk membantu menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk memperkuat tulang, serta pembentukan dan perlindungan tulang dan gigi. Kebutuhan Vitamin D3 pada orang dewasa adalah 600 IU, sedangkan pada anak dan remaja adalah 400-600 IU.
Tags:, ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published.