6 Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu hamil

Bagi ibu muda yang baru pertama kali hamil, tentunya mengalami kesulitan dan kebingungan dalam memilih makanan, hal ini wajar saja karena kadang merasa takut apakah makanan jenis ini mengganggu sang janin atau tidak? Nah supaya ibu hamil tidak merasa takut dan waswas, saya mencoba memaparkan 6 pilihan makanan sehat untuk ibu hamil.

makanan sehat bagi ibu hamil

Biji-bijian yang utuh

Biji-bijian juga termasuk makanan sehat untuk bumil. Karena biji-bijian dapat memenuhi kebutuhan kalori sebagai bekal untuk beraktivitas. Perlu diketahui bahwa kalori ibu hamil akan meningkat terutama pada trimester kedua dan ketiga. Contoh biji-bijian yang aman dikonsumsi ibu hamil yaitu oat, quinoa, biji rami, atau gandum.

Deretan makanan serta camilan yang sehat untuk ibu hamil ini mengandung protein, serat, vitamin B, dan magnesium sehingga berguna untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Anda bisa mengonsumsinya dengan menjadikannya sebagai menu sarapan untuk ibu hamil, contohnya dibuat sereal atau overnight oat.

Daging ternak

Segalah jenis daging, baik itu daging sapi (jenis hewan ternat) ataupun daging ayam (jenis unggas) merupakan sumber protein yang masuk ke dalam makanan sehat dan bagus untuk ibu hamil. karena daging juga mengandung zat besi sebagai mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah.

Sel darah merah berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh. Maka dari itu, wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah mereka juga meningkat selama kehamilan, terlebih di trimester ketiga. Kandungan lemak di dalam daging dalam kadar yang cukup juga oleh ibu hamil untuk persiapan persalinan, baik melahirkan normal, operasi caesar, dan menyusui.

Sayuran hijau

Sumber makanan yang sehat dan bagus untuk ibu hamil ini juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit. Sayuran hijau biasanya banyak mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Nutrisi yang terkandung pada sayuran antara lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

Perlu diketahui juga bahwa sayuran hijau mengandung anti-oksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Menurut Food and Drug Administration (FDA), ibu hamil juga tidak diperkenankan mengonsumsi sayuran mentah karena ada kemungkinan masih mengandung bakteri. Itu artinya, sayuran sebagai makanan yang baik dan bagus untuk ibu hamil ini perlu dimasak terlebih dahulu. Proses pemanasan baik direbus atau ditumis bisa mengurangi risiko penyebaran bakteri pada sayur.

Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein hewani yang baik untuk dijadikan makanan serta camilan sehat bagi ibu hamil. Ini karena terdapat kandungan asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA yang penting untuk perkembangan otak dan mata pada bayi yang sedang berkembang.

Salmon juga merupakan sumber alami vitamin D yang baik untuk ibu dan bayi. Namun, hati-hati dalam memilih dan mengonsumsi makanan yang bagus untuk ibu hamil ini, mengapa demikian? karena ikan rentan berkurang nutrisinya terutama jika kondisinya sudah tidak segar. Salmon yang tidak segar kadang bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit setelah dimakan.

Ibu hamil juga harus waspada dan membatasi makanan ikan salmon ini agar tidak terlalu banyak, karena jika terlalu banyak, darah akan menjadi lebih encer dan itu resiko perdarahan saat melahirkan. Tidak perlu takut asal tidak berlebihan insyaallah aman.

Namun masalahnya ikan salmon agak susah dicari di pasar tradisional khususnya untuk Indonesia, ini bisa dilengkapi dengan suplemen salmon omega agar kebutuhan tentang ini tercukupi. Saya merekomendasikan ibu hamil untuk beli produk ini dengan harga member. Klik link ini dan daftar sebagai Pelanggan Prioritas sekarang!  https://bidananda.com/salmon-omega

Kacang-kacangan

Kacang kedelai, kacang tanah, buncis, dan kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang masuk daftar makanan serta camilan sehat untuk ibu hamil. Karena kacang tersebut bisa dijadikan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang diperlukan tubuh selama kehamilan.

Nutrisi-nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan ibu serta janin terutama pada trimester satu. Asam folat, protein, dan kalsium dapat mencegah risiko beberapa kondisi cacat lahir dan penyakit pada bayi ketika lahir.

Selain itu, kacang-kacangan juga membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan serat setiap hari. Konsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil ini dan diimbangi dengan cukup minum air bisa mencegah sekaligus mengatasi sembelit saat hamil.

Ubi jalar atau ubi rambat

Ubi merupakan salah satu makanan serta camilan sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin A. Nah, vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin.

Selain itu, makanan yang bagus untuk ibu hamil ini juga kaya dengan anti-oksidan sehingga meningkatkan kekebalan sistem imun. Ibu hamil bisa menikmati ubi dengan berbagai cara, yakni direbus, dipanggang, atau dikukus. Perhatikan pula seberapa banyak asupan vitamin A yang diperbolehkan dan direkomendasikan dokter.

Demikian alternatif makanan sehat yang bisa dikonsumsi secara aman oleh ibu hamil, semoga keterangan sedikit ini bisa membatu ibu menjadi tidak galau lagi dalam memilih makanan sehat baik bagi ibu hamil ataupun bagi janin yang dikandungnya.

Karena kesulitan pemenuhan kebutuhan makanan bergizi, maka untuk menjaga agar tetap terpenuhi kebutuhan ibu semua saya merekomendasikan ibu untuk beli produk double x yang mengandung multivitamin dan mineral dengan harga member. Klik link ini dan daftar sebagai Pelanggan Prioritas sekarang! https://bidananda.com/double-x

Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published.