Mengenal apa itu Kelainan Bawaan Alat Genital Wanita?

Assalamualaikum…..pecinta web Bidan Anda… semoga kita semua diberikan kesehatan dan dalam lindungan Allah SWT. Sudah lama ya mom’s saya absen dari web, maklum masih konsentrasi dengan pandemi Covid-19, sebelumnya saya mau mengucapkan Happy Mother’s Day untuk seluruh mom’s di seluruh Indonesia, Semoga para mom’s hebat diberikan kekuatan, kesabaran, dan ketabahan untuk tetap melaksanakan peran dan tugasnya di keluarga selama era pandemi Covid-19 ini.

Saya bisa merasakan bagaimana besarnya peran mom’s semua dengan tugas sebagai ibu rumah tangga yang tidak akan ada habisnya, berulang-ulang terus tiap hari…apalagi para mom’s yang doble peran sebagai ibu rumah tangga dan ibu bekerja tanpa asisten rumah tangga…seperti saya, wow banget ya…rasanya nano-nano…tapi tetap semangat ya mom’s dan selalu bersyukur dengan apapun peran kita sekarang ini…biar tidak jenuh kali ini saya mau sedikit sharing tentang kelainan bawaan alat genital wanita. Sebagai ibu yang memiliki remaja putri wajib nyimak ya mom’s….

Kelainan bawaan alat genital wanita adalah tidak terbentuk atau berkembangnya saluran mullar atau sinus urogenitalis atau keduanya menjadi organ genital yang normal. Bentuk kelainan ada bermacam-macam antara lain kelainan pembentukan septum uterus/rahim dan tuba, gangguan pembentukan vagina (total/parsial), septum vagina, hymen imperforata dan RKH syndrome.

Kali ini saya akan sharing tentang salah satu kelainan bawaan alat genital wanita yang sering saya temui di tempat kerja, yaitu hymen imperforata. Kasus ini sering terabaikan karena ketidaktahuan para orang tua tentang informasi hymen imperforata yang terjadi pada remaja putri. Hymen imperforata adalah selaput dara yang tidak menunjukkan lubang (hiatus hymenalis) sama sekali, suatu kelainan yang ringan dan sering dijumpai. Remaja putri dengan usia lebih dari 13 tahun dan belum haid perlu dicurigai adanya hymen imperforata, disinilah peran mom’s semua untuk deteksi awal. Kemungkinan besar kelainan ini tidak dikenal sebelum remaja putri mengalami menstruasi pertama kali/menarche. Darah menstruasi yang seharusnya keluar setiap bulan menumpuk di dalam vagina dan menyebabkan hymen tampak kebiru-biruan dan menonjol keluar (Hematokolpos). Hal ini yang menyebabkan timbulnya keluhan nyeri, kram pada perut bawah, dan terberat sampai ada gangguan kemih atau BAK dan gangguan defekasi/BAB karena penekanan kandung kemih dan rectum. Paien kebanyakan baru dibawa ke pelayanan kesehatan jika ada keluahan diatas, jika petugas kesehatan tidak jeli maka akan kabur diagnosis karena kurangnya informasi saat anamnesa pasien.

kelainan bawaan alat genetik wanita

Pemeriksaan hymen imperforata bisa dilakukan secara fisik dan USG akan didapati gambaran hematokolpos. Penanganan hymen imperforata oleh dokter kandungan dengan cara dilakukan pembedahan atau hymenotomi atau dibuatkan insisi untuk mengalirkan darah haid yang terkumpul di vagina.

Untuk itu mom’s jika punya anak remaja putri dengan keluhan belum pernah haid sama sekali sampai umur lebih dari 13 tahun harus curiga adanya hymen imperforata dan segera konsultasi dengan dokter spesialis kandungan terdekat.

Sampai disini dulu ya mom’s … semoga sharing tentang Hymen imperforata  kali ini bermanfaat… Stay Safe Stay health….. Wassalam…..

Tags:, , , ,

Categories: Berbagi pengalaman

Leave a Reply

Your email address will not be published.