Tips Aman dari COVID-19 Pada Ibu Hamil

Wanita Hamil Rentan COVID-19?

Banyak ibu hamil yang khawatir terhadap wabah corona atau covid-19 tetapi yang cuek alias tidak begitu peduli dengan pandemi corona juga tidak sedikit, lalu bagaimanakah sikap ibu hamil yang benar? Apakah memang ada pengaruh pada ibu hamil beserta janin yang dikandung? Apa yang harus dilakukan agar relatif aman dan terjaga dari covid-19 untuk ibu hamil?

Sebenarnya selain orang berusia lanjut dan mereka yang memiliki riwayat kesehatan seperti jantung, diabetes dan infeksi saluran pernafasan, walaupun masih dalam penelitian, wanita hamil bisa menjadi golongan yang rentan terpapar COVID-19. Walaupun belum ada penelitian pasti yang menyebutkan bahwa wanita hamil rentan COVID-19, organisasi kesehatan dunia, WHO menyebutkan bahwa namun ibu hamil bisa rentan terpapar COVID-19 karena adanya perubahan pada tubuh dan sistem imunitas yang berpengaruh cukup signifikan akibat beberapa penyakit infeksi saluran pernafasan. Sehingga, penting bagi ibu hamil untuk melakukan langkah preventif ekstra demi melindungi diri dari COVID-19.

Tips Aman dari COVID-19 Pada Ibu Hamil

Panduan WHO

WHO menyarankan wanita hamil di masa pandemi COVID-19 ini menjalani prosedur kesehatan yang umum harus dilakukan semua orang yaitu:

  1. Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan dengan air.
  2. Menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain dan menghindari keramaian
  3. Kenakan masker jika keluar rumah
  4. Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung dengan tangan
  5. Lakukan pemeriksaan rutin. Hubungi pusat kesehatan dan ikuti standar kesehatan yang sudah ditetapkan.
  6. Jika mengalami gejala demam, gangguan pernafasan, segera hubungi dokter

Konsultasi Online

Dalam kondisi seperti saat ini, wanita hamil harus menjaga jalur komunikasi yang baik dengan obgyn (dokter kandungan) langganan mereka. Sejak awal kemunculan kasus COVID-19 (pandemi corona) di Indonesia, memang menjadi hal yang serba sulit bagi ibu hamil, karena secara fisik memang harus datang ke klinik bidan atau dokter kandungan mereka padahal disanalah kemungkinan menyebarnya virus ini karena yang datang dari berbagai daerah dan banyak pasien yang kita kurang bisa mengontrol secara langsung.

Mungkin jika tidak ada keluhan dan kehamilan masih dalam usia mudah bisa menghindari dulu datang ke dokternya dan saran saya untuk alternatif konsultasi bisa melakukan konsultasi secara online. Saran saya konsultasi secara online dengan bidan atau dokter langganan anda tapi haris janjian dulu agar mereka tidak kaget dengan kontak yang datang ke WA mereka. Atau bisa juga dengan layanan konsultasi online tetapi tetap konsultasi utama dengan dokter anda.

Tags:, ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published.