Obat Radang Tenggorokan Dari Bahan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Sakit tenggorokan adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri streptococcus, dan biasa menyerang ibu hamil. Radang tenggorokan yang terjadi pada ibu hamil tentu saja menimbulkan hal yang tidak nyaman, karena rasa sakit yang ditimbulkan pada bagian tenggorokan. Radang tenggorokan ketika kehamilan sebenarnya tidak bisa anda sepelekan begitu saja, karena itu berhubungan dengan makanan yang akan dikonsumsi ketika hamil.

Penggunaan obat-obatan untuk mengobati radang tenggorokan juga perlu dihindari, sebab kandungan zat dalam obat tersebut berhubungan dengan perkembangan janin. Sebaiknya anda memilih obat radang tenggorokan untuk ibu hamil secara alami. Selain mudah untuk mendapatkan bahan obat radang tenggorokan untuk ibu hamil, anda juga tidak perlu khawatir akan dampak buruk yang bisa ditimbulkan.

obat radang tenggorokan dari bahan yang aman untuk ibu hamil - BidanAnda.com

Berikut obat radang tenggorokan untuk ibu hamil, antara lain :

Garam

Obat radang tenggorokan untuk ibu hamil yang pertama adalah garam. Campurkanlah garam dengan air hangat lalu gunakanlah untuk berkumur dua kali sehari. Kandungan senyawa dalam garam mempunyai manfaat untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan, dan menghilangkan lendir pada tenggorokan.

Tetapi hati-hati pada peningkatan tekanan darah, karena bagi penderita hypertension (HT) garam sedikit bisa menyebabkan kenaikan tekanan, dan ini berbahaya bagi ibu hamil.

Jahe

Obat radang tenggorokan untuk ibu hamil selanjutnya yaitu jahe. Minumlah air rebusan jahe yang dicampur dengan madu maupun air jeruk nipis secara teratur. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan jahe mampu melegakan tenggorokan anda, serta mengatasi radang tenggorokan. Sama dengan garam, hati-hati terhadap penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena setahu saya jahe memicu detak jantung serta tekanan darah sehinga berbahaya bagi penderita HT terutama ibu hamil.

Teh hangat

Untuk mengobati radang tenggorokan ketika sedang hamil, bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi teh hangat. Pilihlah teh yang tidak mengandung kafein, dan bisa anda konsumsi dengan mencampur madu maupun lemon. Minum teh hangat tanpa kafein sangat bagus untuk meredakan radang tenggorokan yang anda alami.

Teh cukup baik bagi ibu hamil, tetapi perlu ada hati-hati karena sesuatu yang terlalu banyak menyebabkan efek yang tidak baik. Teh banyak mengandung cafein, walau pada kadar tertentu kafein baik untuk kesehatan tetapi saran saya ibu hamil perlu konsultasi ke bidan anda.

Madu dan lemon

Manfaat campuran antara madu dan air perasan jeruk lemon sangat bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan. Anda dapat menambahkan air hangat agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Menurut saya ibu hamil juga perlu hati-hati terhadap madu dan lemon, walau memang baik bagi kesehatan tetapi untuk orang-orang tertentu bisa berakibat kiuyrang baik, misal saja madu bagi penderita atau ibu hamil yang memiliki kecenderungan gula darah tinggi maka ini berbahaya. Saran saya hati-hati jangan jadi paramedis sendiri tetap konsultasi ke bidan anda.

Bawang putih

Manfaat bawang putih juga bisa anda gunakan sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu hamil. Kandungan zat anti bakteri dalam bawang putih mampu melegakan tenggorokan, dan membunuh bakteri yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Konsumsilah bawang putih langsung atau pun anda campur dengan bahan lainnya, dan konsumsilah secara teratur untuk mengobati radang tenggorokan.

Daun kemangi

Selain digunakan sebagai pelengkap makanan, daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu hamil. Konsumsilah air rebusan daun kemangi, atau anda juga bisa menggunakan air rebusan daun kemangi untuk berkumur. Lakukan secara rutin hingga radang tenggorokan anda benar-benar sembuh.

Buah belimbing

Menggunakan buah belimbing untuk obat radang tenggorokan untuk ibu hamil juga sangat mudah. Cukup mengkonsumsi jus buah belimbing secara rutin, selain enak jus buah belimbing juga aman untuk janin anda.

Itulah beberapa obat radang tenggorokan untuk ibu hamil, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kesehatan anda dan bayi dalam kandungan anda. Tidak lupa saya selalu mengingatkan kepada anda yang sedang hamil untuk selalu memeriksakan kondisi kemahilan anda kepada bidan anda atau dokter spesialis anda agar diketahui perkembangan janin dan diharapkan bisa terjaga dalam kondisi terbaik. Amin!

Tags:, , , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *