Tips Mudah Dan Aman Untuk Mengatasi Demam Pada Ibu Hamil

Ketika mengalami demam pada masa kehamilan, anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat secara sembarangan. Terlebih bila usia kandungan anda masih muda, karena bayi belum tentu bisa menerima obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia. Bila anda ingin mengkonsumsi obat untuk penurun demam, haruslah dengan petunjuk dokter dan tentu saja dengan dosis yang tepat. Mengatasi demam pada ibu hamil bisa anda lakukan tanpa obat-obatan, sehingga akan meminimalisir dampak yang buruk untuk bayi dalam kandungan anda.

Perlu anda ketahui, mengatasi demam pada ibu hamil harus benar-benar anda lakukan. Karena demam yang terjadi saat kehamilan bila tidak diatasi secara serius, akan berpengaruh pada janin yang bisa lahir dengan autism. Berikut tips mengatasi demam pada ibu hamil, yaitu :

Minum teh hangat

Mimumlah segelas teh hangat untuk mengatasi demam pada ibu hamil. Karena kandungan dalam teh mampu  menstabilkan suhu tubuh dan menurunkan demam, disamping itu teh juga mengandung cafein cukup tinggi yang mempunyai efek sebagai penenang dan yang jelas minuman hangat bisa membuat tenggorokan sampai lambung terasa hangat dan nyaman.

Mengkonsumsi jus

Minumlah jus ketika anda menderita demam, karena kandungan mineral dan vitamin dalam jus terutama buah-buahan mampu mengatasi demam pada ibu hamil. Kandungan dalam jus tersebut mampu mengeluarkan racun, dan menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. Secara umum jus berasal dari buah-buahan dan yang jelas banyak mengandung vitamin dan anti oksidan.

Tips Mudah Dan Aman Untuk Mengatasi Demam Pada Ibu Hamil

Tidak menggunakan pakaian yang ketat

Saat anda mengalami demam, hindarilah menggunakan pakaian yang terlalu ketat terlebih saat anda hamil. Karena pakaian yang ketat akan membuat anda sulit untuk bernafas. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian yang longgar karena akan membuat anda bergerak dengan lebih leluasa. Pakaian ketat membuat badan terasa terikat dan tidak nyaman, hal ini bisa mengganggu istirahat anda.

Istirahat yang cukup

Mengatasi demam pada ibu hamil juga dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup. Karena cara ini paling tepat untuk mengatasi demam pada ibu hamil, sebab dapat membuat kondisi anda menjadi lebih baik. Selain dengan istirahat yang cukup, sebaiknya anda tidak melakukan aktifitas di luar ruangan apalagi saat cuaca panas, karena akan membuat demam anda semakin parah. Istirahat menurut saya merupakan salah satu langkah wajib dilakukan, karena tanpa istirahat yang cukup tubuh akan lama untuk melakukan perbaikan metabolisme dan melawan virus yang membuat kita demam.

Mandi air hangat

Mandi air hangat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi demam pada ibu hamil. Dengan mandi air hangat akan membuat tubuh anda menjadi rileks dan juga lebih nyaman. Dan paling penting, membantu menurunkan demam yang anda derita. Sebenarnya ini hanya terapi untuk membuat lebih nyaman sehingga istirahat bisa maksimal.

Olahraga

Olahraga tetap bisa anda lakukan walaupun anda sedang mengalami demam. Lakukanlah olahraga ringan, seperti berjalan pada pagi hari. Karena dengan berolahraga pagi selain dapat menyegarkan tubuh anda, juga membantu tubuh dalam melawan penyakit penyebab demam. Perlu diingat olah raga yang boleh dilakukan adalah olah raga ringan seperti jalan santai dan peregangan sehingga otot terasa lebih rileks dan selanjutnya anda bisa dengan nyaman istirahat.

Perbanyak minum air putih

Saat demam, perbanyaklah mengkonsumsi air putih. ini untuk menghindari dehidrasi yang biasa terjadi saat demam. Minumlah 10 gelas air putih, dan hindari mengkonsumsi air es saat demam. Minum air putih menurut saya wajib dilakukan saat demam, karena dengan banyak minum otomatis juga nanti banyak mengeluarkan urine, menurut beberapa jurnal yang saya baca BAK membantu mengeluarkan virus pembuat demam dan juga menurunkan suhu badan.

Cara mengatasi demam pada ibu hamil tersebut sangat efektif untuk mengatasi demam yang anda alami. Tetapi bila demam anda tidak kunjung sembuh, alangkah baiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Agar anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengobati demam yang anda alami.

 

Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *