Resep Dan Cara Membuat Obat Mual Saat Hamil Dari Bahan Alami

Hal yang paling sering dialami saat kehamilan adalah ketika anda mengalami mual, yang biasa terjadi pada awal kehamilan. Kebanyakan mual yang terjadi pada saat hamil, adalah pada pagi hari. Mual pada saat kehamilan, sebenarnya tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena biasanya mual itu akan mengakibatkan selera makan menjadi menurun, dan itu tentu saja berpengaruh pada janin dalam kandungan anda.

Untuk mengatasi mual, anda bisa menggunakan obat mual saat hamil. Obat mual saat hamil ini tentu saja secara alami, jadi anda tidak perlu takut akan mendapatkan efek samping untuk anda dan bayi dalam kandungan. Karena saat kehamilan anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan sembarangan, sebab usia kehamilan yang masih muda biasanya masih rentan atau kandungannya masih lemah.

Obat mual alami buat ibu hamil

Berikut obat mual saat hamil dari bahan alami yang dapat anda gunakan, pertanyaannya kenapa memakai bahan alami? karena bahan alami cenderung lebih aman dan sedikit penolakan atau reaksi negatifnya. Obat alami sebenarnya banyak tetapi kali ini saya memberikan bebera yang banyak ditemukan di sekitar kita atau minimal banyak tersedia di pasar tradisional sampai supermarket yang ada di Indonesia, obat ini antara lain:

  1. Jahe

Obat mual saat hamil pertama yang bisa anda gunakan adalah jahe. Obat mual saat hamil ini dipercaya dapat menghilangkan mual dengan cepat, ini karena rasa dan aroma dari jahe itu sendiri dapat mengatasi mual yang anda alami. Anda dapat mengkonsumsi permen jahe, minum minuman dari rebusan jahe, atau pun sedikit menggigit jahe saat anda merasakan mual. Saran saya menggunakan jahe yang asli di “keprek” kemudian disiram air panas bisa ditambah madu atau gula, jangan lupa ditutup ditunggu hingga siap minum.

Meminum jahe memang menyegarkan tetapi ingat bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat atau cenderung darah tinggi, sebaiknya jangan menggunaknnya terlalu banyak, karena berdasarkan pengalaman saya, jahe bisa meningkatkan tekanan darah dan ini sangat berbahaya bagi ibu hamil.

  1. Serai

Manfaat serai selain sebagai penyedap masakan, dapat juga digunakan sebagai obat mual saat hamil. Dalam serai terkandung bahan-bahan seperti citronnelal, geraniol, dipenten, limonene, serta sitral yang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual. Untuk menggunakan serai sebagai obat mual saat hamil, anda cukup menyeduh serai yang sudah dimemarkan dengan teh hangat lalu minum secara rutin.

  1. Jeruk

Obat mual saat hamil selanjutnya yaitu jeruk. Di dalam buah jeruk terkandung vitamin C dan asam folat yang baik untuk kesehatan anda, dan baik juga untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Jika anda merasakan mual, anda bisa mengkonsumsi buah jeruk. Rasa manis segar dalam buah jeruk dapat mengurangi mual saat kehamilan, ada manfaat lain dalam jeruk yaitu ada antioksidan alami dan sangat efektif melawan radikal bebas seperti virus dan bakteri.

  1. Daun pandan dan daun jeruk

Minum air seduhan daun jeruk atau daun pandan dapat mengurangi rasa mual yang anda alami. Anda juga bisa menambahkan madu atau pun gula jawa ke dalam air seduhan daun pandan atau daun jeruk tersebut.

  1. Teh lemon

Obat mual saat hamil juga bisa dengan mengkonsumsi teh lemon. Anda bisa mendapatkan teh lemon dengan mudah di pasaran, atau bisa anda buat sendiri. Yaitu dengan mencampurkan teh dengan air perasan jeruk lemon. Tetapi ketika membuat teh lemon ini, anda tidak mencampurkan terlalu banyak gula. Karena selain dapat meningkatkan kadar gula darah, juga dapat membuat anda semakin mual dan bahkan muntah.

Resep Dan Cara Membuat Obat Mual Saat Hamil Dari Bahan Alami - Bidananda.com

Itulah beberapa obat mual saat hamil. Selain menggunakan obat mual saat hamil tersebut, sebaiknya anda juga perbanyak istirahat dan tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas serta menghindari stress. Jangan lupa selalu konsultasikan secara rutin perkembangan kahamilan ibu kepada dokter spesialis kandungan atau bidan di sekitar anda guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga kehamilan ibu lancar sesuai dengan yang diharapkan. Amin…!

 

Tags:, , , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published.