Cara Mendapatkan Gizi Maksimum selama Kehamilan

Banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa makanan yang mereka konsumsi tidak hanya harus berjumlah banyak, namun variasi dan jenisnya harus beragam serta dapat memenuhi setiap kebutuhan mereka. Makanan yang banyak mengandung nutrisi, vitamin dan mineral harus bisa memenuhi kebutuhan ibu maupun bagi yang ada di dalam kandungan. Seringkali ibu “kecele” dalam memilih makanan, terutama apabila mereka lebih suka menambah jumlah nasi dibandingkan dengan mengurangi nasi dan menambah jumlah sayuran, biji-bijian serta kacang-kacangan.

Untuk bisa memastikan bahwa ibu hamil memiliki dan mendapatkan gizi maksimum dari makanan yang mereka konsumsi, berikut adalah beberapa tipsnya dalam memilih dan mengatur kapan anda harus mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

Selama kehamilan seorang wanita membutuhkan banyak protein, kalsium dan beberapa vitamin untuk membangun jaringan dan tulang pada bayi. Tidak hanya itu, untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit termasuk cacat lahir seperti Spina Bifida mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat. Kemudian, zat besi juga sangat dibutuhkan terutama dalam membantu memproduksi sel darah, untuk membawa oksigen bagi bayi.

Cara Mendapatkan Gizi Maksimum selama Kehamilan

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa makanan yang wajib dimakan oleh ibu hamil agar mereka bisa mendapatkan gizi maksimal.

  • Biji-bijian
    Di Indonesia memang kita kesulitan untuk menemukan gandum. Namun beberapa roti dan sereal yang diperkaya gandum banyak mengandung asam folat bisa ditemukan dengan mudah. Makanan berbahan gandum yang diperkaya zat besi sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Gandum diketahui memiliki lebih banyak serat serta zat besi dibandingkan dengan roti putih atau nasi.
    Untuk memaksimalkan manfaat dari makanan yang ada, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum pada saat sarapan maupun makan siang. Kemudian pada saat malam mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi beras merah.
  • Kacang-kacangan
    Beberapa kacang-kacangan yang dianjurkan selama diet kehamilan diantaranya adalah, kacang kedelai, kacang pinto, kacang tanah, kacang polong, kacang hitam dan kacang putih.
    Selain mengandung banyak protein dan serat, kacang-kacangan juga merupakan sumber nutrisi besi, asam folat, seng, dan kalsium. Jadi, saat Anda hamil, pastikan beberapa jenis kacang-kacangan ada di dalam piring.
  • Ikan
    Salah satu ikan yang terbaik adalah ikan salmon. Namun di Indonesia ikan salmon sangat sulit ditemukan. Sebagai gantinya, anda bisa memilih beberapa ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 untuk memenuhi kebutuhan bayi agar mereka bisa mendapatkan gizi maksimal dalam membantu perkembangan otak serta matanya.
    Makanan yang banyak mengandung vitamin B serta ikan yang rendah merkuri harus dikonsumsi setidaknya 12 ons dalam seminggu.
  • Telur
    Makanan yang satu ini sudah tidak asing di telinga kita, sangat mudah ditemukan dan memiliki banyak manfaat.
    Telur merupakan makanan serba guna yang memiliki protein sangat banyak, serta menyediakan asam amino yang dibutuhkan oleh bayi. Telur juga banyak mengandung vitamin dan mineral, termasuk juga kolin yang dipercaya baik untuk otak bayi. Namun, pastikan anda tidak memakan telur setengah matang atau telur mentah. Karena, dikhawatirkan mengandung beberapa bakteri berbahaya.
  • Berbagai jenis buah bery
    Berbagai jenis buah berry juga sangat dianjurkan karena banyak mengandung vitamin C, potasium dan folat. Namun apabila anda kesulitan menemukan buah-buahan tersebut, anda bisa menggantinya dengan beberapa buah-buahan lain seperti mangga, jeruk, buah kiwi, stroberi dan lain-lain.
  • Yogurt rendah lemak
    Saat ini, yogurt bukan lagi makanan yang dianggap kebarat-baratan. Di Indonesia sudah banyak yogurt dijual dimini market atau dipasar, terutama yoghurt plain yang rendah lemak. Makanan ini banyak mengandung kalsium dan protein. Bahkan, dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan susu.
    Anda bisa mengkonsumsi yogurt dengan menambahkan buah-buahan atau makanan renyah dan mengandung gandum seperti roti gandum atau buah apel.

Dari uraian diatas terlihat bahwa ada banyak sekali sumber gizi yang dapat kita gunakan, oleh karena itu sebaiknya maksimalkan penggunaan sumber alami tetapi mungkin juga perlu tambahan asupan biasanya dokter spesialis kandungan atau bidan anda memberikan pilihan mau suplemen organik atau sintetis (bahan kimia). Saya hanya menganjurkan untuk tanya bidan anda atau baca buku tentang kehamilan, ibu bisa membeli buku disini

Cara Mendapatkan Gizi Maksimum selama Kehamilan. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *