Tips Berolahraga untuk Ibu Hamil saat Cuaca Tidak Mendukung

Bagi ibu hamil, berolahraga merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan terlebih jika mereka memiliki kehamilan beresiko rendah. Maka latihan atau olahraga setiap hari akan memberikan banyak efek positif disamping berbagai manfaatnya untuk ibu maupun bayi.

Wanita yang rutin berolahraga misalnya 30 menit setiap hari dapat mengurangi resiko terkena serangan diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi. Aktif secara fisik dapat membantu memberikan mereka stamina yang dibutuhkan saat melewati hari-hari berat terutama di trimester ketiga kehamilan serta pada saat melahirkan.

Namun, seperti yang kita tahu bahwa, di bulan-bulan tertentu di Indonesia, terutama mulai dari bulan oktober-April biasanya musim hujan akan tiba. Di saat tersebut, berolahraga di luar ruangan seperti berjalan, jogging atau yang lainnya sangat sulit untuk dilakukan, entah itu di pagi hari atau sore hari. Oleh sebab itu, beberapa tips olahraga untuk ibu hamil saat cuaca tidak mendukung berikut ini mungkin bisa membantu anda mencari beberapa alternatif agar tetap bisa berlatih.

Tips Berolahraga untuk Ibu Hamil saat Cuaca Tidak Mendukung

Alasan ahli kesehatan dan dokter melarang ibu hamil untuk berolahraga di bawah cuaca yang buruk seperti saat hujan, dikhawatirkan mereka jatuh atau terpeleset karena permukaan yang licin. Terlebih, ibu hamil memiliki gravitasi yang berbeda karena perut mereka yang semakin membesar sehingga lebih sulit untuk menjaga keseimbangan.

Apabila terjatuh atau slip

Yang perlu anda waspadai, apabila anda terjatuh atau sleep dan mengenai perut anda, entah itu pada musim hujan, musim kering, saat anda berjalan di luar ruangan atau berjalan di dalam ruangan, hal tersebut mungkin saja terjadi. Anda diharuskan untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja.

Tips olahraga saat cuaca mendung untuk ibu hamil

  1. Naik turun tangga
    Bagi anda yang memiliki rumah bertingkat, berjalan naik dan turun tangga akan memberikan anda banyak manfaat, terutama untuk kaki sehingga menjadi lebih kuat. Seorang spesialis prenatal dan postnatal dari California Amerika Serikat mengatakan bahwa, naik turun tangga selama kurang lebih 20 menit hingga kehamilan mencapai minggu ke-36 akan memberikan anda banyak manfaat.
  2. Peregangan
    Olahraga ini tidak mengharuskan anda berada di luar ruangan. Anda bisa melakukannya di mana saja, entah itu di kamar, di ruang tamu atau di ruang keluarga.
    Peregangan bisa sangat bermanfaat untuk tetap menjaga agar sendi tetap rileks, dan kulit pun akan menjadi lebih kencang dan fleksibel.
  3. Berenang
    Para ahli kesehatan mengatakan bahwa setiap wanita hamil harus tetap terhidrasi dengan baik saat berolahraga. Entah itu apabila mereka berolahraga di luar ruangan maupun di dalam ruangan.
  4. Jangan Lupa Air
    Para ahli merekomendasikan kepada setiap wanita hamil untuk mengkonsumsi air dingin sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Seorang ibu hamil tidak boleh mengesampingkan air putih. Memang terkadang banyak minum akan membuat anda sering bolak-balik ke kamar kecil namun hal tersebut tidak mengapa dan lebih baik dibandingkan dengan sering kehausan.

Latihan dan jenis olahraga yang harus dihindari selama kehamilan

  1. Crunches
    Olahraga ini dilakukan dengan berbaring telentang. Namun untuk ibu hamil setelah trisemester pertama, tidak dianjurkan melakukan olahraga ini karena tekanan yang terlalu berat untuk rahim mereka sehingga bisa mengganggu pembuluh darah yang menyebabkan pusing atau pingsan.
  2. Berjalan pada saat panas atau hujan
    Olahraga dengan berjalan atau jalan cepat pada saat cuaca sangat panas dan pada saat cuaca sangat dingin atau lembab tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan sebaiknya dihindari dengan berolahraga di dalam ruangan.
  3. Latihan keseimbangan
    Beberapa pusat kebugaran menawarkan kelas tertentu untuk ibu hamil seperti kelas keseimbangan. Mereka biasanya diminta untuk duduk di atas sebuah bola karet untuk melatih keseimbangan mereka. Namun, ibu hamil yang tidak pernah melakukan ini sebelumnya diharuskan untuk menghindarinya karena mereka rawan untuk goyah dan terjatuh.

Demikian macam-macam olah raga yang dianjurkan dan yang tidak dianjurkan bagi ibu hamil terutama disaat musim penghujan seperti saat ini, hal ini dikarenakan memang resoko terjadi insiden kecelakan lebih besar saat cuaca yang kurang menguntungkan. Tips Berolahraga untuk Ibu Hamil saat Cuaca Tidak Mendukung ini akan sangat berguna terutama bagi ibu-ibu yang hamil untuk anak pertama, dikarenakan memang kurang atau bahkan tidak punya pengalaman dalam hal hamil. Saran saya selalu tanyakan dan konsultasikan dengan bidan anda atau dokter spesialis kandungan anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat, ini ada bahan bacaan yang bagus silahkan pelajari disini

Tips Berolahraga untuk Ibu Hamil saat Cuaca Tidak Mendukung. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *