Berbagai Obat Pusing Alami Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Masalah yang sering sekali dikeluhkan oleh ibu hamil adalah pusing, dan pusing yang dialami biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan. Ini karena adanya proses adaptasi oleh tubuh karena proses kehamilan. Pusing yang dialami oleh ibu hamil, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab itu akan mempengaruhi tingkat emosional ibu hamil. Penggunaan paracetamol sebagai obat pusing untuk ibu hamil juga sebaiknya dihindari, karena mengkonsumsi paracetamol saat hamil cukup memberikan pengaruh buruk bagi janin dalam kandungan.

Sebaiknya gunakanlah obat pusing untuk ibu hamil secara tradisional. Penggunaan obat pusing untuk ibu hamil secara tradisional, dirasa lebih efektif untuk mengobati pusing yang dialami oleh ibu hamil. Selain mudah untuk didapatkan, obat pusing untuk ibu hamil secara alami juga lebih aman untuk ibu hamil dan paling penting tidak menimbulkan efek buruk bagi bayi.

berbagai obat pusing alam yang aman untuk ibu hamil

Berikut ada beberapa obat pusing untuk ibu hamil yang aman, antara lain :

  1. Teh hangat

Manfaat teh hangat sangat beragam untuk ibu hamil, salah satunya sebagai obat pusing untuk ibu hamil. Konsumsilah teh hangat ketika mengalami pusing, dan pilihlah teh tanpa kafein. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan dengan madu ketika mengkonsumsi teh hangat. Teh hangat membuat badan terasa nyaman karena teh juga mengandung kafein, tetapi perlu diingat jangan terlalu berlebihan karena semua hal yang berlebihan itu jadinya kurang baik pada tubuh.

  1. Daun alpukat

Selain buahnya yang bermanfaat untuk tubuh, manfaat alpukat juga bisa diperoleh dari bagian daunnya. Daun alpukat dapat digunakan sebagai salah satu obat pusing untuk ibu hamil. Caranya juga cukup mudah, cukup merebus daun alpukat dengan air sampai matang. Kemudian minum air rebusan daun alpukat satu gelas setiap harinya. Obat ini secara medis belum ada penelitihan lengkap jadi sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan anda.

  1. Minyak kayu putih

Obat pusing untuk ibu hamil selanjutnya yaitu minyak kayu putih. Minyak kayu putih dipercaya aman untuk dipakai oleh ibu hamil. Oleskan minyak kayu putih di bagian pelipis serta leher, aromaterapi dalam minyak kayu putih dipercaya dapat mengobati pusing yang dialami ibu hamil dengan cukup efektif. Dan tentu saja tidak berefek pada ibu hamil dan bayinya. Mengoleskan minyak kayu putih jauh lebih aman daripada obat yang dikonsumsi langsung masuk tubuh, walau dengan mengoleskan ini sebenarnya ada zat yang masuk lewat pori-pori kulit dan telah lama diketahui bahwa minyak kayu putih baik untuk manusia.

  1. Air putih

Pusing yang sering dialami oleh ibu hamil juga bisa dikarenakan dehidrasi. Dan obat pusing untuk hamil yang paling ampuh adalah, dengan mengkonsumsi air putih. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih terutama saat hamil, karena dapat mengobati pusing akibat dehidrasi yang sering dialami oleh ibu hamil. Air putih lebih baik daripada minuman kemasan lainnya yang mengklaim sebagai minuman anti dehidrasi, karena air putih sifatnya netral sehingga tidak mempunyai efek negatif dan perlu diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga metabolisme tubuh.

  1. Pisang

Obat pusing untuk ibu hamil berikutnya yaitu pisang. Kandungan potassium dan magnesium dalam buah pisang, membantu mengobati pusing pada ibu hamil yang disertai dengan gejala migrain. Perbanyaklah mengkonsumsi pisang ketika masa kehamilan, karena kandungan yang terkandung di dalam pisang sangat baik untuk ibu hamil dan bayi yang sedang dikandung. Pisang ini bisa mengobati pusing pada ibu hamil kemungkinan disebabkan adanya kandungan magnesium yang meredahkan asam lambung dan juga kandungan gula yang menyeimbangkan kadar gula darah serta adanya karbohidrat untuk menambah tenaga pada ibu hamil.

  1. Jeruk nipis

Campurkan jeruk nipis dengan garam dan gula putih, lalu seduh dengan air hangat. Minum obat pusingĀ  untuk ibu hamil saat dingin. Jeruk nipis sangat banyak manfaatnya selain mengandung asam askorbat (vitamin C) juga banyak mengandung zat lain yang merupakan anti aksidan dan sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Itulah beberapa obat pusing untuk ibu hamil, selain menggunakan obat pusing untuk ibu hamil tersebut, perbanyaklah istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh ibu hamil agar tetap fit. serta jangan lupa selalu memeriksakan ke bidan anda atau dokter spesialis kandungan yang terdekat dengan anda, agar proses selama kehamilan terpantau dan kondisi selalu terjaga.

Tags:, , , , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *