9 Keperluan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

Sebelumnya saya ucapkan “Selamat, Anda sebentar lagi akan menyambut kehadiran bayi baru di dunia!” Mempersiapkan kedatangan bayi bisa menjadi sesuatu kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga menantang. Anda ingin memastikan bahwa semua kebutuhan bayi tercukupi, namun begitu banyak pilihan yang ada di pasaran, hal ini bisa menjadi tugas yang membingungkan. Nah dalam artikel ini saya usahakan membantu Anda mengetahui keperluan bayi baru lahir yang harus disiapkan, dari perlengkapan tidur hingga pakaian, sehingga Anda dapat merasa lebih siap dan tenang menyambut kelahiran sang buah hati.

Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi adalah salah satu hal paling penting yang harus dipersiapkan sebelum kelahiran. Anda akan ingin memberikan tempat tidur yang aman, nyaman, dan menghadirkan tidur yang berkualitas untuk bayi Anda. Ranjang bayi dan box bayi adalah dua opsi yang umum. Pastikan tempat tidur memiliki spasi yang cukup untuk bayi bergerak bebas namun tetap aman, serta bantalan yang empuk dan bahan yang mudah dicuci.

Namun bagi yang masih tradisional persiapan ranjang bayi ini bukan sesuatu yang sangat urgent atau mendesak karena si kecil biasanya tidur dengan ibu yang baru melahirkan, hal ini bagus sich tetapi perlu juga dipikirkan resikonya yaitu ibu kurang istirahat sehingga akan mengganggu saat siang hari yang memang sangat diperlukan untuk mengurus bayi.

Popok dan Perlengkapan Mengganti

Persediaan popok akan menjadi kebutuhan harian Anda. Anda dapat memilih antara popok sekali pakai atau popok kain, tergantung pada preferensi dan kenyamanan Anda. Selain itu, perlengkapan mengganti seperti meja pengganti, lap, dan krim anti-ruam juga harus dipersiapkan agar Anda dapat dengan mudah merawat bayi saat mengganti popok.

Namun jika kondisi yang kurang beruntung hingga dana untuk persiapan ini minim, maka saya menyarakan agar popok bisa dipersiapkan dengan memakai kain panjang bekas yang masih layak pakai, dengan cara memotongnya yang rapi sehingga tetap tersedia popok yang nyaman dengan biaya yang minimal.

Pakaian Bayi

Pakaian bayi yang nyaman dan hangat akan membuat bayi merasa bahagia dan nyaman sepanjang hari. Belilah beberapa set pakaian bayi yang lembut dan berbahan alami, seperti katun, yang sesuai dengan musim atau cuaca di daerah Anda. Ingatlah bahwa bayi sering kotor dan harus sering diganti, jadi memiliki beberapa pakaian cadangan akan sangat membantu.

Menurut saya persiapan ini juga tidak perlu terlalu banyak, karena di tradisi masyarakat kita biasanya ada acara tilik bayi yang biasanya mereka memberikan pakaian bayi yang siap pakai. Jadi kalau kita beli pakaian bayi terlalu banyak akan sia-sia karena penggunaannya hanya beberapa bulan saja.

Baju Tidur

Baju tidur atau tidur selimut akan memberikan kenyamanan ekstra bagi bayi selama tidur malam. Pastikan untuk memilih baju tidur yang aman dan mematuhi standar keselamatan untuk menghindari risiko tersedak atau kesulitan bernapas. Baju tidur dengan resleting di bagian depan akan memudahkan Anda saat mengganti pakaian bayi di tengah malam.

Botol Susu dan Perlengkapan Makan

Jika Anda berencana memberi makan bayi dengan susu formula atau memberikan susu tambahan, Anda memerlukan beberapa botol susu, dot, dan sikat pembersih botol. Jika Anda akan menyusui, pertimbangkan untuk membeli bantal menyusui dan sarung menyusui untuk membantu kenyamanan dan dukungan selama proses menyusui.

Peralatan ini memang diperlukan namun bagi saya selaku bidan dan juga pernah melahirkan berpendapat sebaiknya bayi diberi ASI ekslusif demi pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan asupan makan terbaik yang memang belum ada yang mengalakan kualitas ASI.

Perawatan Kesehatan Bayi

Kesehatan bayi adalah prioritas utama, jadi pastikan Anda memiliki perlengkapan kesehatan yang tepat. Termometer, gunting kuku bayi, penghisap lendir, serta obat-obatan dasar seperti paracetamol anak harus ada di rumah untuk menghadapi situasi darurat atau sakit ringan. Jangan lupa jika sakit tetap konsultasi minimal ke bidan anda jika bisa ke dokter anak terdekat.

Tempat Mandi Bayi

Waktu mandi adalah momen kebersamaan yang berharga antara Anda dan bayi. Siapkan bak mandi bayi yang aman dan nyaman, serta sampo bayi yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras. Jangan lupa juga handuk bayi yang lembut dan handuk lap untuk mengeringkan bayi setelah mandi. Peratan mandi ini sangat penting demi menjaga kebersihan bayi yang nantinya akan berefek pada kesehatan bayi sendiri.

Kereta Bayi atau Gendongan

Kereta bayi dan gendongan akan memudahkan Anda dalam membawa bayi saat berpergian. Kereta bayi cocok untuk jalan-jalan di luar rumah, sementara gendongan akan memungkinkan Anda dekat dengan bayi dan memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi mereka.

Kursi Mobil Bayi

Jika Anda memiliki mobil, kursi mobil bayi adalah kebutuhan wajib untuk keamanan saat berkendara. Pilih kursi mobil yang memenuhi standar keamanan internasional dan cocok untuk berat dan tinggi bayi Anda. Gunakan kursi mobil ini setiap kali bayi bepergian di mobil, bahkan untuk perjalanan yang singkat sekalipun.

Keperluan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

Menyambut bayi baru ke dunia adalah momen yang indah dan penuh kegembiraan. Persiapan yang tepat akan membantu Anda merasa lebih siap dan percaya diri dalam merawat sang buah hati. Dari tempat tidur bayi hingga kursi mobil dan perlengkapan makan, pastikan Anda memiliki semua yang diperlukan untuk memberikan perawatan terbaik bagi bayi Anda. Ingatlah bahwa setiap bayi adalah unik, jadi selalu perhatikan kebutuhan dan preferensi bayi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam merencanakan persiapan menyambut bayi baru lahir. Selamat menghadapi petualangan indah menjadi orangtua!

Categories: Berbagi pengalaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *