Fakta Mengenai Nutrisi dan Kebugaran saat Hamil

Sudah menjadi hal yang wajar bahwa secara tidak sengaja tentang pentingnya gizi tambahan untuk ibu hamil telah diberikan kepada kita sejak awal, karena memang secara logika sederhana bahwa ibu hamil memang butuh gizi tambahan, dam sebagai seorang wanita hamil, anda pasti sudah mendengar berbagai macam hal yang diperbolehkan atau dianjurkan dan yang dilarang untuk dilakukan, termasuk juga menjaga dan mengontrol makanan yang dikonsumsi sehari-hari serta aktivitas untuk menunjang kebugaran.

Agar anda lebih mengetahui berbagai fakta yang ada dan terhindar dari berbagai mitos kehamilan, ada beberapa tips mengenai gizi dan kebugaran yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam menjaga kehamilan. Baca juga artikel saya lainnya mengenail makanan, olahraga dan juga mitos ibu hamil di bidananda.com

Fakta Mengenai Nutrisi dan Kebugaran saat Hamil

Nutrisi dan Kebugaran saat Hamil

  1. Makan
    Pada saat seorang wanita hamil, mereka harus makan seperti biasanya, namun dengan menambah sedikit jumlah kalori. Kalori yang bisa ditambah sekitar 300 kalori per hari. Dimulai pada trimester kedua. Dan jumlahnya tentu saja tidak banyak.
    Dalam urusan makanan, seorang ibu hamil diwajibkan untuk mulai mengganti kebiasaan makannya. Apabila selama ini mereka lebih banyak meletakkan nasi di dalam piring mereka, saat hamil mereka dianjurkan untuk mengurangi dan menggantinya dengan berbagai jenis biji-bijian maupun kacang-kacangan serta sayuran.
  2. Vitamin
    Saat ibu hamil, mereka membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih banyak. Diantara vitamin dan mineral yang mereka butuhkan adalah asam folat, zat besi kalsium dan lain-lain.
    Suplemen prenatal biasanya mengandung antara 400 hingga 800 mikrogram asam folat, dan hal tersebut sudah cukup digunakan untuk membantu mencegah neuron tube atau cacat lahir seperti spina bifida. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan zat besi dalam jumlah yang cukup banyak karena mereka rawan kekurangan darah, serta rawan terkena anemia. Saya merekomendasikan produsen yang telah saya gunakan sejak saya masih gadis hingga saat ini masih tetap saya gunakan, selama hamil saya tidak pernah menggunakan resep yang telah diberikan oleh dokter (jangan langsung dicontoh) jika ibu tertarik silahkan kontak saya DISINI
  3. Berolahraga
    Saya telah menjelaskan beberapa olah raga yang baik dan dianjurkan saat hamil serta yang tidak dianjurkan oleh ibu hamil, silahkan baca tentang olahraga saat hamil diartikel tersebut.Beberapa orang yang mungkin membuat anda merasa takut untuk berolahraga. Mereka mungkin memberi anda peringatan bahwa sudah terlalu terlambat untuk berolahraga terutama pada saat hamil.
    Namun, faktanya, berolahraga walaupun tidak pernah dilakukan sebelum hamil tetap dianjurkan selama kehamilan. Berapa olahraga yang aman di antaranya adalah, berjalan kaki, berenang, dan angkat beban yang tidak intens.
    Ibu hamil tidak dianjurkan untuk berolahraga seperti, bersepeda, basket, tenis, badminton, berlari, atau beberapa olahraga yang membahayakan dan olahraga yang mengharuskan anda melakukan loncatan.
    Pakar kesehatan merekomendasikan setiap ibu hamil untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau 5 hari dalam seminggu.
    Manfaat olahraga diantaranya adalah, akan membantu memperbaiki kualitas tidur, menghindari ibu hamil dari diabetes gestational, serta dapat mengontrol berat badan.
  4. Hot yoga
    Para ahli kesehatan tidak menganjurkan ibu hamil melakukan hot yoga karena kondisi yang panas dapat berefek tidak baik.
  5. Selalu Terhidrasi
    Bukan rahasia lagi apabila air banyak mengandung manfaat karena tubuh kita sebagian besar terdiri atas air. Begitu juga selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk minum antara 6 – 8 gelas per hari. Dan dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak lagi apabila aktivitas mereka lebih berat.
  6. Hindari Minuman Manis
    Beberapa wanita mungkin senang mengkonsumsi minuman manis seperti jus buah, teh manis, kopi manis dan lain-lain. Namun tahukah anda bahwa, jus buah dan minuman-minuman yang telah disebutkan sebelumnya memiliki kalori dalam jumlah yang sangat banyak karena adanya tambahan gula hingga membahayakan dan dapat menyebabkan diabetes. Sudah banyak kejadian di tempat saya bekerja bayi lahir dengan berat badan yang lumayan berat karena disebabkan oleh gula. Saran saya silahkan dibatasi gula anda dan anda akan mendapatkan kondisi optimal untuk bayi serta diri anda sendiri.
  7. Memperhatikan keseimbangan
    Apapun yang anda lakukan, sekarang anda kemungkinan besar akan memiliki keseimbangan dan pusat gravitasi yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga anda harus tetap berhati-hati dalam melakukan berbagai hal, seperti menaiki tangga, menuruni tangga, atau melakukan beberapa hal sepele seperti bangkit dari tidur, bangkit dari duduk. Bahkan, jika anda akan duduk dan berbaring, pastikan anda melakukannya dengan lebih berhati-hati dan perlahan.
    Meskipun bersepeda tidak terlalu berbahaya, namun ibu hamil tetap dianjurkan untuk menghindari sepeda karena ditakutkan jatuh apabila sudah mencapai trimester ketiga.

Demikian ini uraian singkat yang saya tampilkan di artikel ini, sumber uraian ini berasal dari berbagai tulisan yang ada diinternet dan saya gabungkan serta berdasarkan pengetahuan saya dan pengalaman saya sebagai bidan yang cukup lama. Semoga tulisan “Fakta Mengenai Nutrisi dan Kebugaran saat Hamil” ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Amin

Fakta Mengenai Nutrisi dan Kebugaran saat Hamil. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *