Nutrisi Dasar Untuk Balita

Nutrisi dasar untuk balita sering sekali membuat para ibu bingung terutama bagi ibu muda atau yang pertama kali mempunyai momongan, karena ibu tentunya ingin yang terbaik bagi si kecil, tetapi ibu bingung dengan banyaknya iklan di media massa.

Melihat kondisi ini dan juga pengalaman waktu saya muda dulu, saya ada pemikiran untuk memberikan sedikit pengertian dan juga tip untuk balita ibu sekalian. Agar pengetahun ini bisa dimanfaatkan untuk kita bersama dan tentunya untuk kebaikan si kecil.

Nutrisi dasar Balita

Pentingnya usia golden age

Pertama perlu saya perkenalkan apa itu golden age atau usia emas bagi si kecil. Golden age adalah usia lima tahun pertama usia anak dan ini sangat penting, karena saat itulah otak berkembang paling cepat dan memiliki kapasitas tertinggi untuk berubah. Itu sebabnya, dalam lima tahun pertama, orang tua harus fokus untuk memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang normal.

Kemudian setelah mengetahui masa golden age ini, selanjutnya apa yang kita lakukan untuk si kecil? apakah hanya memberikan yang terbaik menurut iklan? ataukan kita menambah pengetahuan lain sehingga kita bisa memastikan apa yang terbaik untuk balita.

Apa yang bisa kita lakukan?

Sebagai orang tua yang baik dan tentunya sangat sayang pada anak kita maka kita harus bantu anak untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Nah dalam mendapatkan nutrisi terbaik untuk balita ini ada yang perlu dilakukan yaitu berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

Ajari anak memilih porsi yang sesuai untuknya

Anak-anak bukanlah orang dewasa, jadi bantu mereka untuk memilih porsi yang sesuai untuknya. Longgarkan aturan seperti harus menghabiskan makanan, sebaliknya bantu mereka mengetahui tanda-tanda bahwa kenyang sehingga mereka dapat belajar mengatur diri sendiri. Dengan demikian anak menjadi biasa untuk bisa mengatur kebutuhan banyaknya makanan sesuai lambung mereka secara alami.

Menghindari picky eater

Untuk menghindari picky eater, kenalkan anak dengan berbagai rasa makanan baru sejak dini. Jangan sedih jika mereka tidak menyukainya saat gigitan pertama. Variasi dan sajikan lagi agar anak bisa mengeksplor berbagai cita rasa.

Tawarkan berbagai makanan untuk memastikan nutrisi yang baik

Tawarkan berbagai makanan sehat, termasuk buah-buahan dan sayuran dari seluruh spektrum warna untuk memastikan mereka mendapatkan fitonutriennya. Jika khawatir mereka tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan karena preferensi mereka terbatas, pertimbangkan suplemen makanan anak-anak untuk mengisi kesenjangan nutrisi. Misalnya memberi anak usia 2 tahun ke atas sarapan dengan Nutrilite Hi Protein, minuman tinggi protein dari kacang kedelai yang mengandung 18 asam amino sebagai sumber kalsium, dengan rasa cokelat yang nikmat yang pasti disukainya.

Batasi makanan olahan, makanan cepat saji

Makanan olahan dan makanan cepat saji seringkali memiliki kekurangan nutrisi yang baik dan mereka mempromosikan kebiasaan makan yang buruk. Saya menulis demikian bukan berarti benci atau tidak suka dengan makanan olahan dan cepat saji tetapi kita harus memilih dan juga memilih yang terbaik untuk nutrisi dasar balita kita.

Batasi minuman manis

Soda, minuman jus, limun, dan teh manis dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat. Hal ini tentunya tidk baik untuk perkembangan si kecil. Berat badan yang berlebih akan mengganggu perkembangan fisik dan juga perkembangan kecerdasan si kecil karena itu ada beberapa negara maju memberikan hadia atau penghargaan bagi orangtua yang memiliki balita atau anak kecil dengan barat ideal.

Nah demikian ibu-ibu sekalian sharing saya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya selama ini, semoga sharing saya bermanfaat. Di atas saya sarankan dan saya beri contoh produk protein. Kenapa saya memberikan contoh hanya protein? karena bagi balita untuk perkembangan terbaik dan teraman adalah dengan tambahan suplemen protein yang mudah dicernah dan serap tubuh. Silahkan mempelajarinya dan mendapatkan harga terbaik dengan menjadi PP di link berikut Nutrilite Hi-Protein All Plant / Berry / Green Tea / Chocolate

Tags:, ,

Categories: Berbagi pengalaman, Ibu dan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.