Waspada Keputihan Pada Ibu Hamil

Banyak ibu hamil datang kepada saya dan bertanya tentang masalah Keputihan Saat Hamil yang dialaminya, mereka kebanyakan merasa gelisa dan juga khawatir terhadap keputihan yang dialami oleh ibu hamil ini. Dari sekian permasalahan saya akan menjelaskan terlebih dahulu sebenarnya keputihan itu seperti apa?

Dari wikipedia.org didapatkan keterangan bahwa Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Sekarang apa yang terjadi pada keputihan saat ibu hamil ini?

Saat ibu hamil memang terjadi banyak perubahan pada metabolis tubuhnya baik itu perubahan secara fisiologis maupun genetalis. Hal terpenting yang harus ibu pahami ketika mengalami perubahan itu adalah “apakah perubahan normal kehamilan (fisiologis) atau justru perubahan abnormal (patologis) yang harus diberikan pengobatan“. Ibu hamil rentan terhadap cairan vagina karena perubahan hormonal selama kehamilan. Semua wanita hamil pasti pernah mengalami keputihan akan tetapi apakah keputihan normal atau reaksi infeksi ?

Keputihan Pada Ibu Hamil, Bahaya Keputihan Pada Ibu Hamil, Waspada Keputihan Pada Ibu Hamil

Salah satu tanda terjadi masalah kesehatan pada alat reproduksi wanita adalah keputihan, tetapi tidak semua keputihan pada wanita merupakan tanda bahaya yang perlu dikawatirkan. Berikut saya uraikan beberapa ciri keputihan pada ibu hamil yang tidak perlu dirisaukan karena ini merupakan efek normal dari perubahan fisiologis yang terjadi pada ibu hamil.

  • berwarna bening
  • tidak berbau
  • tidak membuat gatal
  • tidak merasa nyeri

Sekali lagi saya tekankan bahwa ibu hamil tidak perlu risau jika keputihan yang dialaminya bercirikan seperti diatas, tetapi harus waspada dan segera memeriksakan kepada bidan anda atau dokter spesialis kandungan anda jika keputihan pada ibu hamil bercirikan sebagai berikut:

  • Cairan berwarna putih kekuning-kuningan bahkan sampai kehijauan atau kekuningan
  • Cairan lebih kental dan lengket
  • Memiliki jumlah yang banyak
  • Rasa gatal yang tidak tertahankan
  • Berbau tidak sedap
  • Pada sekitar vagina berwarna kemerahan

Kebanyakan Keputihan Saat Hamil disebabkan karena jamur, oleh karena itu saya sangat menganjurkan kepada ibu hamil agar menjaga kebersihannya lebih ditingkatkan lagi. Karena itu semua selain demi ibu juga demi kesehatan janin yang dikandung. Jika ibu menyayangi calon anak ibu maka tentu tidak akan keberatan untuk melakukan hal sederhana ini. Kedepan mungkin saya akan memberikan sedikit tips untuk menghindari keputihan ibu pada hamil ini. Semoga bermanfaat, Amin…!

Waspada Keputihan Pada Ibu Hamil. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *