Tips Perawatan Kulit agar Tetap Cerah Selama Kehamilan

Sebagaimana dulu pernah saya tulis bahwa kehamilan berpengaruh pada kondisi fisiologis, diantanra perubahan pigmen kulit saat hamil. Kali ini saya akan bercerita bagimana mengatasi perubahan yang terjadi pada kulit, ini adalah tips perawatan kulit agar tetap cerah selama kehamilan, tips ini saya ambil dari beberapa bacaan yang mungkin berguna untuk para ibu hamil. Karena kehamilan adalah sebuah kondisi di mana ibu hamil sering kali mengalami berbagai gejala yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Seperti yang saya uraikan tadi bahwa salah satu gejala yang sering muncul adalah perubahan warna kulit atau berbagai masalah kulit yang disebabkan karena hormon.

Tidak bisa dipungkiri bahwa wanita ingin selalu tampil sempurna dan cantik bagaimanapun kondisinya, mereka juga tidak boleh melupakan beberapa hal yang bisa tetap membuat kulit mereka menjadi cerah selama kehamilan. Masalah kulit seperti bintik-bintik kemerahan, ruam atau gatal-gatal yang disebabkan oleh aktivitas hormon sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa trik. Agar tetap sehat selama kehamilan, berikut adalah beberapa tipsnya untuk anda.

Tips Perawatan Kulit agar Tetap Cerah Selama Kehamilan

Mengatasi masalah jerawat

Apabila anda tidak pernah berjerawat sebelumnya, dan pada saat hamil tiba-tiba jerawat muncul di wajah anda sebenarnya hal tersebut tidak perlu membuat anda heran karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa hormon adalah salah satu yang bertanggung jawab menyebabkan hal ini.
Jerawat yang muncul selama kehamilan apabila tidak di atasi dengan segera, hal tersebut bisa saja berlanjut hingga anda melahirkan dan setelah memiliki bayi. Namun untuk mencegah dan mengobati jerawat anda tidak dianjurkan menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida retinoid dan asam salisilat. Karena biasanya kandungan tersebut tidak aman digunakan selama kehamilan.

Beberapa produk yang dianjurkan untuk mengatasi jerawat di antaranya adalah produk yang berbahan sulfur, mengandung asam glikolat atau alpha hydroxy acid dan microdermabrasion. Selain menggunakan berbagai jenis obat-obatan, anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang bisa anda temukan dengan mudah di sekitar anda entah itu di pekarangan atau di dapur. Menggunakan bahan alami tentu lebih aman bagi ibu hamil dibandingkan dengan obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya.

Mengatasi melasma

Diantara beberapa masalah kulit selama kehamilan dan yang paling membuat ibu prestasi biasanya adalah melasma. Ini adalah bercak gelap atau pigmentasi yang biasanya muncul di kulit wajah. Melasma disebabkan oleh hormon kehamilan dan paparan sinar matahari. Sehingga kulit berubah menjadi sedikit lebih gelap.

Untuk mengatasi ini, anda bisa menggunakan tabir surya saat keluar ruangan terutama di siang hari. Kemudian jangan lupa juga menggunakan topi atau payung. Namun tidak semua tabir surya aman sehingga anda harus memilih beberapa produk yang menggunakan bahan bahan terbaik dan cocok untuk ibu hamil. Diskusikan hal tersebut dengan dokter sebelum anda menggunakannya.

Gatal-gatal dan ruam

Gatal dan ruam juga merupakan gejala kehamilan yang sering menjengkelkan. Tidak hanya itu, ruam kemerahan akan membuat penampilan anda tentu saja tidak meyakinkan sehingga menurunkan rasa percaya diri. Gatal-gatal pada umumnya terjadi di sekitar perut akibat meregangnya kulit yang sangat cepat. Gejala ini pada umumnya muncul di trimester ketiga di dekat pusar dan biasanya dengan cepat menyebar ke daerah paha, bokong dan payudara.

Untuk mengatasinya, anda setidaknya harus berkonsultasi dengan dokter. Apabila gatal yang anda rasakan berlebihan, sebaiknya anda sedikit khawatir terutama apabila hal tersebut disebabkan oleh reaksi autoimun yang dikenal sebagai pemfigoid gestationis atau herpesgestationis. Beberapa solusi untuk mengatasi gatal-gatal di antaranya adalah dengan menggunakan susu hangat yang dioleskan menggunakan kain ditempat yang gatal. Selain itu anda juga bisa menggunakan krim steroid namun harus berbicara terlebih dahulu dengan dokter.

Nah setelah membaca beberapa tips perawatan kulit agar tetap cerah selama kehamilan ini saya berharap kepada anda yang sedang hamil untuk selalu memperhatikan kesehatan selain ingin tetap cantik, karena memang ada beberapa jenis obat yang justru tidak baik untuk si janin dalam kandungan. Semoga tulisan saya ini bermanfaat. Amin!

Tips Perawatan Kulit agar Tetap Cerah Selama Kehamilan. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *