Tips Menenangkan Diri Menjelang Persalinan

Para ahli menyarankan kepada setiap ibu hamil untuk meyakinkan diri bahwa persalinan yang mereka hadapi akan sukses dan berjalan dengan lancar terutama untuk menenangkan dirinya. Karena, biasanya semakin dekat waktu persalinan tiba, ibu hamil akan menjadi semakin gugup dan tidak sedikit di antara mereka yang kemudian menjadi sangat takut dan gelisah. Takut akan membuat beberapa otot dan hormon tidak bekerja dengan baik sehingga proses persalinan pun akan menjadi lebih sulit.

Pertanyaan-pertanyaan seperti,  “Bagaimana jika saya tidak bisa pergi ke rumah sakit tepat waktu?”
“Bagaimana jika rasa sakit saat melahirkan tidak bisa saya atasi?” “Bagaimana jika dokter tidak dapat membantu persalinan saya?” Dan pertanyaan-pertanyaan lain terkadang memang sering menghinggapi ibu hamil dan membuat mereka menjadi ketakutan. Ketakutan atau gelisah menjelang persalinan tidak hanya dihadapi oleh ibu yang baru pertama kali hamil melainkan juga mereka yang sudah pernah memiliki pengalaman.

Tips Menenangkan Diri Menjelang Persalinan

Sama seperti setiap orang yang belum pernah mengalaminya, ibu yang baru pertama kali hamil biasanya akan memiliki berbagai pikiran-pikiran buruk mengenai skenario yang mungkin saja akan terjadi. Akan tetapi ada cara yang bisa anda terapkan agar tidak cemas saat menjelang persalinan. Seperti, melatih tubuh anda dengan rajin berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang tepat serta menjalani semua anjuran dokter, maka anda tidak perlu khawatir. Terlebih saat ini sudah banyak tenaga ahli termasuk suster, bidan maupun dokter kandungan yang akan membuat segala sesuatunya berjalan dengan lebih mudah.

Tips menenangkan diri menjelang persalinan
Untuk menangani ketakutan yang anda hadapi menjelang persalinan, ada beberapa tips dari para ahli untuk anda.

Takut akan sakit

Mungkin tidak sedikit dari anda yang pernah mendengar cerita horor mengenai sakitnya persalinan. Jika hal tersebut membuat anda sangat panik, berbicaralah dengan dokter dan mintalah bantuan untuk diberikan obat pengurang rasa sakit pada saat melahirkan.

Rumah sakit yang menyediakan epidural akan membantu anda menjadi lebih tenang dan tidak perlu khawatir lagi mengenai rasa sakit setelah melahirkan karena hal tersebut bisa diringankan.
Salah satu faktor yang bisa meredakan rasa sakit pada saat persalinan yaitu teknik pernapasan yang anda gunakan. Ada beberapa artikel dan buku menarik yang membahas khusus mengenai teknik pernafasan saat melahirkan yang bisa anda coba.

Setiap ibu yang pernah melahirkan dengan lancar mengatakan bahwa tidak panik, tidak merasa terlalu takut menyebabkan semuanya berjalan lebih baik dibandingkan dengan apabila ibu panik, gelisah serta berteriak histeris dan lain-lain.

Bantuan pihak ketiga

Untuk mengurangi rasa takut anda, anda bisa meminta suami atau mengajak serta ibu, atau keluarga terdekat anda atau orang yang selalu anda percaya untuk menemani selama persalinan. Menurut beberapa penelitian termasuk dalam analisis yang dilakukan pada tahun 2003 lalu kepada 12.000 wanita, ditemukan bahwa terdapat penurunan jumlah obat-obatan penahan rasa nyeri yang digunakan saat mereka menjalani persalinan normal karena adanya kerabat, orang terdekat atau perawat yang dipercaya.

Takut operasi caesar

Jika sebagian orang takut dengan proses melahirkan secara normal, sebagian yang lain mungkin takut ketika dioperasi cesar. Sebenarnya operasi caesar adalah pilihan ibu hamil apabila mereka berada dalam situasi tertentu yang tidak memungkinkan untuk menjalani lahiran secara normal melalui vagina. Kehawatiran yang paling besar biasanya datang dari waktu pemulihan dan bahaya yang diakibatkan oleh pembedahan.

Jika dokter anda tidak menyarankan operasi caesar, maka hal tersebut sebaiknya dihindari. Namun jika tidak bisa dihindari anda tidak perlu khawatir karena saat ini hampir rata-rata resiko bisa ditekan seminimal mungkin dan kebanyakan operasi berjalan dengan lancar.
Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah wanita yang ingin melakukan persalinan melalui operasi caesar terus meningkat dari tahun ketahun.

Aku tidak bisa ke rumah sakit tepat waktu

Sebenarnya anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut karena pada umumnya apabila kelahiran sudah mulai dekat, hal tersebut akan ditandai dengan kontraksi secara kontinyu dan berirama selama kurang lebih 8 hingga 12 jam.

Sehingga setiap ibu hamil akan memiliki kesempatan untuk meminta bantuan dari suami, keluarga atau orang-orang terdekat yang bisa mengantarkan ke rumah sakit. Dan perlu anda ingat, pikiran gelisah dan takut anda akan membuat kekhawatiran menjelang persalinan semakin banyak. Pastikan anda mulai berlatih menenangkan diri dengan mengatur pernapasan anda. Yakinkan diri anda, bahwa anda bisa melewati persalinan dengan baik, dan itu sangat penting.

Tips Menenangkan Diri Menjelang Persalinan. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan, Persalinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *