Mengenal Hypnobirthing, Menghipnotis Diri untuk Mengurangi Sakit Melahirkan

Bagi wanita yang ingin melahirkan secara alami, mereka harus mengetahui teknik hypnobirthing yaitu teknik pernafasan yang bisa menghipnotis diri sendiri dan memberikan rasa nyaman serta kemudahan dalam melahirkan. Segala sesuatu yang di bawah kontrol akan membuat anda lebih mudah berkonsentrasi mengurangi rasa sakit serta membuat segala sesuatunya didalam tubuh berjalan lebih lancar dibandingkan dengan panik dan berteriak secara histeris.

Mungkin hypnobrithing masih terdengar asing di telinga anda. Tehnik mempengaruhi diri sendiri saat melahirkan ini sebenarnya sudah banyak dipraktekkan oleh mereka yang mendambakan proses persalinan secara alami di beberapa negara seperti Eropa maupun Amerika.

Hypnobirthing

Sebenarnya, metode melahirkan dengan menghipnotis diri sendiri ini sudah dijalankan sejak berabad-abad yang lalu. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, para ahli mulai mengembangkan dan banyak menerapkannya pada pasien mereka.

Seperti yang kita tahu bahwa melahirkan secara alami tentu saja bisa dikatakan relatif mudah. Karena hal tersebut memang sudah dirancang sedemikian oleh Sang Pencipta. Akan tetapi, rasa takut dan berbagai kehawatiran menyebabkan pikiran menjadi terbebani sehingga rasa sakit secara fisik lebih intens.

Mengenal Hypnobirthing, Menghipnotis Diri untuk Mengurangi Sakit Melahirkan

Takut selama persalinan akan mengaktifkan mekanisme fight or flight primal seorang wanita. Hal tersebut menyebabkan hormon stres yang disebut katekolamin mengganggu pencernaan, membuat jantung berpacu lebih cepat, memaksa darah dipompa ke lengan dan kaki, dan kemudian akhirnya menyebabkan darah tidak banyak mengalir ke rahim sehingga menciptakan rasa sakit yang memperlambat proses persalinan.

Menurut Morgan seorang ahli hipnotis dan hypnoanesthesiologist mengatakan bahwa secara fisik, tubuh memang tidak bisa dibuat rileks terutama pada saat mode fight or flight aktif. Dengan mengganti rasa takut dengan relaksasi, hormon oksitosin akan berganti dengan hormon prostaglandin dan endorfin yang akan membantu mengendurkan otot-otot dan menciptakan rasa nyaman.

Hypnobirthing harus dilatih sejak anda hamil setidaknya dua kali dalam seminggu. Selain itu, anda juga membutuhkan bantuan dari ahlinya. Atau anda bisa mencari buku atau CD yang berisi mengenai informasi lengkap metode ini.

Menurut beberapa penelitian, termasuk yang dilansir di website WebMD, dari 40% pasien yang menggunakan hypnobrithing dan 40% menggunakan Bradley Method, serta yang lainnya menggunakan metode seperti Lamaze, Meditative Calm Brithing, Brithing From Within, dan lain-lain, ditemukan bahwa, ibu yang melahirkan menggunakan metode hypnobirthing cenderung memiliki persalinan yang prosesnya lebih pendek dibandingkan dengan metode lain. Pada tahun 2006 dari hasil studi yang dilakukan, wanita yang menggunakan teknik hypnobirthing tidak banyak yang menggunakan bantuan dan intervensi medis seperti obat penghilang rasa sakit atau epidural.

Keselamatan yang paling utama

Terlepas dari apapun program yang akan anda gunakan atau apapun metode yang akan anda gunakan saat melahirkan, keselamatan adalah yang paling utama. Kunci dari proses melahirkan secara normal adalah dengan memiliki sikap yang baik dalam memperlakukan diri sendiri dan bukan untuk menyenangkan orang lain atau bukan untuk membuat orang lain kagum pada anda. Jadi, pastikan anda mendengarkan apa saran dokter maupun bidan dan ahli kandungan yang merawat anda selama kehamilan sebelum memutuskan akan bersalin dengan metode tertentu.

Mengenal Hypnobirthing, Menghipnotis Diri untuk Mengurangi Sakit Melahirkan. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Persalinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *