Inilah Produk Sehari-Hari yang Harus Dihindari selama Kehamilan

Sudah jamak di masyarakat kita bahwa selama kehamilan, seorang wanita dihadapkan pada banyak pantangan dan anjuran, apalagi kalau kita hidup di pedesaan wilayah jawa tentu banyak pantangan yang akan diberikan para sesepuh kepada kita. Berbagai pantangan datang dari makanan maupun aktivitas. Berdasarkan pengalaman dan juga bacaan artikel saya dapat sedikit menyampaikan beberapa produk sehari-hari yang harus dihindari selama kehamilan. Makanan-makanan yang dapat melemahkan rahim, makanan yang berpotensi menimbulkan resiko keguguran dan berbagai makanan yang beresiko menyebabkan bayi bermasalah seperti cacar harus dihindari. Sebaliknya, makanan yang diwajibkan untuk ibu hamil diantaranya adalah, makanan bergizi yang kaya nutrisi serta vitamin. Makanan-makanan tersebut bisa berupa sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Inilah Produk Sehari-Hari yang Harus Dihindari selama KehamilanNamun, nyatanya, tidak hanya makanan dan aktivitas saja yang dianjurkan dan dilarang dalam kehamilan. Namun ada beberapa hal yang sering kita gunakan, seperti barang-barang dan produk rumah tangga yang perlu untuk diwaspadai. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

A. Produk pembersih

Anda harus tahu walaupun sebagian besar produk pembersih aman untuk digunakan oleh ibu hamil, namun sebagian diantara mereka ada yang mengharuskan anda untuk berhati-hati. Beberapa tips saat bersih-bersih berikut ini mungkin bisa membantu anda di rumah.

Jika anda melakukan bersih-bersih rumah, pastikan jendela, ventilasi atau pintu terbuka sehingga sirkulasi udara cukup baik. Udara yang kotor bisa keluar dan berganti dengan udara yang lebih baik. Kemudian jangan lupa menggunakan sarung tangan karet karena salah satu resiko yang paling besar dihadapi oleh ibu hamil apabila mereka terjangkit virus atau bakteri dan terpapar bahan kimia berbahaya. Ibu hamil mudah terjangkit berbagai penyakit karena imun tubuh mereka sedang menurun disebabkan adanya bayi di dalam kandungan.

Tips bersih-bersih selanjutnya untuk ibu hamil, sebaiknya anda menghindari produk yang mengandung amonia dan pemutih yang biasanya, baunya dapat menyebabkan anda mual dan merasa tidak nyaman. Selain itu, cobalah menghindari oven cleaner karena biasanya berbahaya untuk pernafasan terlebih jika dihirup dari jarak dekat.

Beberapa produk pembersih lantai yang berbau keras juga sebaiknya dihindari. Gunakan sarung tangan apabila anda harus menuangkannya ke dalam wadah tertentu, pastikan anda juga menggunakan masker sehingga aroma dan uanpnya tidak menusuk.

B. Pestisida

Tidak sedikit dari ibu-ibu yang gemar bercocok tanam dan memiliki kebun kecil di belakang rumah. Jika anda sering menggunakan pestisida, perhatikan! ini merupakan salah satu bahan kimia yang dapat mempengaruhi perkembangan sistem otot dan syaraf bayi sehingga diwajibkan kepada setiap ibu untuk selalu waspada. Tidak hanya itu, jika suami anda melakukan penyemprotan dengan bahan yang mengandung pestisida sebaiknya anda menghindar.

C. Penyimpanan makanan

Apabila anda sering mengkonsumsi makanan kaleng, sebaiknya anda hindari selama kehamilan karena beberapa kaleng sering kali dilapisi dengan bisphenol-A yaitu bahan kimia yang sering ditemukan di dalam plastik dan dapat larut ke dalam makanan. Walaupun banyak pakar dan peneliti yang belum memastikan efek apa saja yang diberikan oleh bahan kimia tersebut, namun anda tetap harus mewaspadainya.

D. Produk kecantikan

Menggunakan berbagai produk kecantikan selama kehamilan sebenarnya tidak dilarang, entah itu menggunakan pewarna rambut, kutek, bedak, alas bedak dan lain-lain. Namun, perlu anda ketahui bahwa beberapa diantara produk tersebut mungkin saja mengandung bahan-bahan berbahaya yang bisa membahayakan bayi di dalam kandungan anda. Para ahli kesehatan menganjurkan untuk ibu hamil agar mereka menghindari sementara waktu penggunaan bahan-bahan kimia atau produk kecantikan secara berlebihan.

E. Produk lainnya

Produk lain yang mengharuskan anda para wanita hamil untuk berhati-hati diantaranya adalah cat, kain lap yang jarang dicuci, dan kain debu. Anda diwajibkan untuk selalu mencuci lap atau kain yang anda gunakan sehari-hari secara rutin agar tidak banyak mengandung bakteri maupun kuman.

Nah setelah membaca artikel tentang produk sehari-hari yang harus dihindari selama kehamilan, saya berharap bagi ibu muda khususnya agar lebih bijak dalam bertindak guna menjaga kesehatan sikecil secara optimum agar dapat lahir sebagaimana yang kita harapkan semua. Tidak lupa saya tetap menganjurkan anda untuk konsultasi dengan bidan anda atau dokter spesialis kandungan anda untuk mengetahui hal-hal ini lebih detail. Jika memang ada dana dan waktu berlebih saya anjurkan untuk membeli buku bacaan kehamilan dan persiapan kehamilan DISINI

Inilah Produk Sehari-Hari yang Harus Dihindari selama Kehamilan. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *