Hal-hal yang diperlukan selama kehamilan

Ada beberapa hal yang mungkin diperlukan oleh seorang ibu hamil dan juga perlengkapan untuk persiapan kelahiran si bayi, karena semua ibu hamil akan mengalami pengalaman yang unik. Namun, terlepas dari bagaimanapun kondisi dan jenis kehamilan yang mereka miliki, ada hal-hal yang diperlukan selama kehamilan. Menurut pengalaman dan sepengetahuan saya berikut adalah beberapa diantaranya.

Hal-hal yang diperlukan selama kehamilan

  1.  Vitamin Prenatal
    Kebutuhan akan vitamin memang tidak boleh dilupakan. Sesuai dengan pengalaman saya sebagai bidan dan juga yang pernah mengalami masa kehamilan vitamin yang saya konsumsi meliputi vitamin dasar kebutuhan sehari-hari hal ini sebenarnya bisa dari makanan teteapi karena memang saat hamil kebanyakan ibu makanannya tidak diperhatikan terutama saat mengalami gangguan “morning sick” muntah-muntah dan yang menurut saya wajib adalah kalsium serta asam folat. Setiap ibu hamil bahkan sebelum hamil membutuhkan asam folat untuk mencegah agar bayi tidak terkena cacat tabung saraf. Tapi perlu diingat bahwa konsumsi asam folat juga akan menambah rasa ingin muntah selama trimester pertama oleh karena itu perlu pengaturan yang tepat, silahkan konsultasi dengan bidan anda atau dengan dokter spesialis kandungan anda agar diperoleh kombinasi hasil yang maksimal.
  2. Membeli Buku tentang Kehamilan
    Essential cheklist selanjutnya yang tidak boleh anda lupakan adalah membeli buku yang menjadi sumber pengetahuan mengenai kehamilan. Buku adalah sumber pengetahuan terbaik selain ahli kesehatan atau dokter kandungan dan bidan. Buku juga biasanya dilengkapi dengan berbagai pedoman tentang kehamilan. Ada buku yang bagus menurut saya silahkan beli DISINI
  3. Pelembab
    Selama proses kehamilan memang terjadi banyak gangguan pada kulit seperti yang saya uraikan sebelumnya (BACA DISINI) dan sebagai wanita, pelembab tentu sudah tidak asing. Namun, pada wanita hamil, biasanya banyak diantara mereka yang mengeluhkan kulit kering dan gatal. Sehingga pelembab sangat dibutuhkan.
  4. Maternity Belt
    Alat ini tidak populer dikalangan kita terutama di daerah pedesaan dan mungkin hanya dapt diperoleh didaerah perkotaan, alat ini sebenarnya berfungsi penyangga kehamilan semacam sabuk atau gendongn untuk bagian perut, tali elastis yang tebal dan bisa membantu ibu hamil untuk meringankan gejala seperti nyeri punggung ini sebenarnya merupakan salah satu alat yang mungkin bisa saja sangat anda butuhkan terutama untuk meringankan beban anda saat hamil. Maternity belt ini bisa digunakan untuk mencegah dan mengurangi nyari punggung saat hamil.
  5. Sepatu yang Nyaman
    Jika ibu hamil sering bekerja menggunakan sepatu hak tinggi atau yang memiliki tumit sedikit tinggi, saat hamil, sudah waktunya anda meninggalkannya. Beralihlah ke sepatu yang aman dengan alas yang tidak licin dan tidak mudah slip pada berjalan di kondisi-kondisi tertentu seperti, di tempat-tempat yang basah. Menurut pengalaman saya sebagai bidan di RSUD yang tentunya tetap dituntuk untuk bergerak cepat selama masa hamil, sepatu adalah hal utama dalam menunjang gerak saya dan saya biasa memilih sepatu yang terasa nyaman untuk bergerak, saya tidak meilih harga yang mahal karena sepatau biasa saya peroleh di pasar tradional kabupaten Gresik.
  6. Bra Baru (BH)
    Berbelanja bra (BH) harus masuk ke dalam check list anda karena ukuran payudara akan terus membesar hingga anda selesai menyusui nanti. Anda setidaknya harus menyediakan dua bra yaitu, untuk kehamilan dan Bra untuk digunakan setelah kehamilan (menyusui). Pastikan ukurannya tepat dan mudah digunakan untuk menyusui. Biasanya bra khusus untuk hamil dan masa menyusi mempunyai bukaan dibagian depan, ini digunakan untuk masa menyusui karena praktis tidak perlu membuka bra secara keseluruhan cukup membuka kancing depan ibu bisa menyusui si kecil.
  7. Pakaian Hamil
    Bagi ibu hamil yang tidak bekerja cukup menggunakan baju yang longgar saja tetapi bagi yang bekerja mungkin diperlukan khusus baju ibu hamil yang nyaman digunakan adalah pakaian-pakaian yang sedikit longgar. Beberapa ibu-ibu lebih menyukai dress dan berbagai jenis kaos yang mudah melar sehingga tidak mengganggu aktivitas dan tidak menjadi beban.
  8. Bantal
    Tidak sedikit dari ibu hamil yang mengeluhkan kualitas tidur mereka sehingga istirahat menjadi berkurang. Dan banyak diantara wanita hamil yang mengatakan bahwa menambah jumlah bantal untuk mendukung mereka ternyata banyak membantu untuk tidur lebih nyaman dan minyak. Jadi, tidak ada salahnya membeli dua atau tiga bantal yang ampuh untuk membantu anda beristirahat dengan nyaman.
  9. Antasida
    Selama kehamilan, antasida adalah gejala yang sangat umum. Oleh sebab itu, cobalah berbicara terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan anda atau bidan anda yang mengasuh anda sebelum menggunakan obat-obatan tertentu.
  10. Pakaian bayi
    Memasuki bulan ke-7 kehamilan, anda bisa berbelanja pakaian bayi termasuk selimut, kaos kaki, topi dan tempat tidur bayi. Selain itu, mungkin jika anda tidak menggunakan popok sekali pakai anda bisa memilih berbagai jenis pupuk yang ada dalam rangka menghemat. Waktu dulu hamil pertama saya berbelanja lengkap untuk kepentingan si kecil ini dan saya simpan ternyata hal ini berguna, simpanan saya dipinjam saudara jauh serta masih bisa sebagian saya gunakan untuk anak kedua. Mengapa bisa demikian karena penggunaan peralatan ini biasanya hanya beberapa minggu saja skitar 2-3 minggu dan harus ganti dengan ukuran baru, ingat bayi yang baru lahir perkembangannya sangat cepat.
  11. Tisu Basah dan Sanitaiser
    Kebutuhan tisu ini mungkin bisa dibeli saat bayi sudah lahir. Saat merawat bayi, kebersihan adalah faktor utama yang dapat menjaga mereka agar terhindar dari berbagai jenis penyakit maupun infeksi. Oleh sebab itu, setiap ibu setidaknya harus menyediakan tisu basah yang higienis dan sanitaiser untuk menjaga tangan tetap bersih sebelum menyentuh bayi.

Demikian hal-hal yang diperlukan selama kehamilan dan kelahiran awal sesuai dengan pengalaman saya, semoga ini bermanfaat terutama ibu muda yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Amin!

Hal-hal yang diperlukan selama kehamilan. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *