Fakta Menarik Seputar Efek Kosmetik bagi Kehamilan

Kejadian ini memang tidak pernah saya alami, tetapi alangkah baiknya bagi anda yang suka dandan, saat hamil anda perlu sedikit waspada terutama dari bahan-bahan kosmetik yang anda gunakan, memang hamil tampil cantik itu boleh dan dianjurkan untuk ibu hamil agar tidak terlalu stres dalam masa kehamilan. Saya mendapatkan bahan bacaan ini dari sekumpulan artikel di internet juga dan saya rangkum hingga mudah dibaca. Tahukah anda bahwa beberapa bahan kosmetik mengandung zat berbahaya yang bisa mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. Zat berbahaya tersebut bisa meresap kedalam kulit dan terbawa oleh darah hingga melewati plasenta dan mempengaruhi janin.

Semua orang sudah mengetahui bahwa rokok dan minuman keras tidak baik untuk ibu hamil. Namun hanya sedikit wanita yang mengetahui beberapa label produk kecantikan yang tidak aman digunakan oleh ibu hamil.

Fakta Menarik Seputar Efek Kosmetik bagi Kehamilan

Setiap material yang dioleskan pada kulit memiliki potensi terserap ke dalam aliran darah serta melewati plasenta sehingga ibu hamil diwajibkan berhati-hati. Jika anda tidak yakin bahwa sebuah produk yang anda gunakan aman, anda terlebih dahulu boleh berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakannya.

A. Hairspray dan cat kuku

Bagi yang tinggal dipedesaan mungkin kedua barang ini masih nampak asing. Hairspray dan cat kuku telah dipelajari oleh beberapa ahli dan mereka kebanyakan mengambil kesimpulan bahwa bahan yang digunakan biasanya beresiko menyebabkan bayi cacat lahir. Hal tersebut berkaitan dengan adanya kandungan phthalates yang ada didalamnya. Selain itu, sebenarnya phthalates tersebut tidak hanya mempengaruhi janin, namun juga dapat mengganggu perkembangan seksual pria. Jadi, berhati-hatilah jika anda menggunakan bahan yang mengandung phthalates.

Pastikan anda memilih cat kuku yang tidak mengandung bahan tersebut. Bahkan setelah cat kuku mengering, beberapa diantaranya yang tidak menempel di kuku berbahaya apabila ditransfer melalui makanan atau sesuatu yang anda konsumsi dan masuk kedalam perut. Karena diharuskan untuk menghindari Hairspray, saat anda harus menata rambut, anda bisa menggunakan alternatif lain seperti gel dan mousse.

B. Tabir Surya

Menggunakan tabir surya yang tidak melalui rekomendasi dokter selama kehamilan sangat tidak dianjurkan. Bahaya sinar matahari tidak seberapa apabila dibandingkan dengan bahaya yang ditimbulkan oleh tabir surya. Hal tersebut menurut Judith Hellman, MD, seorang profesor di Mount Sinai School of Medicine New York. Dari beberapa studi, tabir surya yang mengandung oxybenzone dapat terserap melalui kulit dan menyebabkan BBLR.

Namun, di samping efek buruk yang diakibatkan oleh beberapa sunscreen, ada juga banyak manfaat yang bisa kita dapatkan terutama apabila menggunakan produk tabir surya yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Hal itu karena selama kehamilan, hormon membuat kulit menjadi lebih sensitif. Daripada menggunakan tabir surya yang tidak dianjurkan atau belum anda ketahui keamanannya, gunakan topi sebagai pelindung saat keluar di bawah sinar matahari atau gunakan payung apabila anda berjalan di luar ruangan antara pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Pilihlah tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida karena mereka cenderung aman.

C. Lipstik

Lipstik yang tidak mengandung timbal biasanya aman digunakan saat hamil. Namun tidak menggunakan listrik selama kehamilan juga sangat dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

D. Suntik Botox

Mengurangi kerutan-kerutan halus memang paling praktis menggunakan suntik botox. Namun sayang sekali, wanita hamil dilarang menggunakannya karena sangat berbahaya.

E. Pewarna rambut

Beberapa dokter mengatakan bahwa pewarna rambut aman digunakan oleh ibu hamil setelah trisemester pertama terlewati. Namun beberapa dokter yang lain menganjurkan ibu hamil untuk menghindarinya hingga proses persalinan terlewati.

Walau demikian, sebenarnya pewarna rambut tidak cukup kuat dan menyebabkan masalah pada janin. Secara khusus, pewarna rambut yang mengandung uap seperti amonia sebaiknya dihindari. Saat mewarnai rambut, selalu gunakan sarung tangan, pastikan ruang tempat anda mewarnai rambut memiliki ventilasi atau saluran udar, serta bilas dengan baik tangan dan kepala setelah anda selesai.

Dari kelima barang yaitu hairspray dan cat kuku, tabir surya, lipstik, suntik botox, pewarna rambut yang saya urai ini adalah barang yang umum dipakai oleh orang perkotaan dan tidak jarang dipedasaan juga memakai. Alangkah baiknya kita berhati-hati demi masa depan si kecil dalam kandungan yang sangat kita sayangi. Saya tetap menyarankan anda untuk bertanya pada bidan anda atau dokter spesialis anda tetapi jika tidak sempat mungkin anda perlu membaca bahan bacaan khusus kehamilan disini

Fakta Menarik Seputar Efek Kosmetik bagi Kehamilan. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *