Cara Mengatasi Diare Saat Hamil Secara Alami

Diare pada ibu hamil biasanya disebabkan karena perubahan hormone, yang mempengaruhi system pencernaan dan produksi asam lambung. Menurut para dokter, diare yang dialami ketika masa kehamilan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Asalkan diare masih dalam batas yang wajar, dan apabila sudah semakin parah maka perlu adanya penanganan khusus dari dokter. Mengatasi diare saat hamil tidak perlu menggunakan obat-obatan, walaupun obat yang digunakan merupakan obat dengan dosis rendah. Karena mengatasi diare saat hamil yang menggunakan obat-obatan biasanya akan mempengaruhi keadaan bayi anda.

Untuk mengatasi diare saat hamil sebaiknya dilakukan dengan cara yang alami. Karena selain aman untuk janin dalam kandungan anda, mengatasi diare saat hamil secara alami juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Cara mengatasi diare saat hamil secara alami yang bisa anda lakukan yaitu:Cara Mengatasi Diare Saat Hamil Secara Alami

  1. Mengkonsumsi madu

Madu mempunyai manfaat yang sangat baik untuk anda terutama saat kehamilan, salah satunya untuk mengatasi diare saat hamil. Kandungan dalam madu mampu mempertebal kekebalan tubuh anda, yang akan membasmi bakteri dan virus penyebab diare pada ibu hamil. Konsumsilah madu yang dicampur dengan air hangat, dan diminum secara rutin sampai diare yang anda alami benar-benar sembuh.

  1. Mengkonsumsi sup hangat

Mengatasi diare saat hamil juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sup hangat. Selain enak, sup hangat juga akan memulihkan kondisi tubuh anda. Pilihlah sup dengan bahan yang mengandung nutrisi, dimana nutrisi dalam sup tentu saja baik untuk anda dan juga calon buah hati anda.

  1. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Saat mengalami diare, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Seperti anda ketahui, air putih efektif meningkatkan metabolism tubuh serta menghilangkan racun dalam tubuh anda. Mengatasi diare saat hamil menggunakan air putih juga bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika anda menderita diare. Dengan mengkonsumsi air putih juga akan menghindari anda mengalami dehidrasi, yang tentu saja membahayakan kondisi bayi anda, yaitu bayi lahir secara prematur.

  1. Minum oralit

Seperti anda ketahui, oralit merupakan obat diare untuk ibu hamil yang cukup aman. Anda bisa membuat ramuan oralit sendiri di rumah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok garam dan 1 sendok gula pasir. Campurkan kedua bahan tersebut dengan air hangat, dan minum ramuan oralit ini secara rutin sampai diare sembuh.

  1. Perbanyak istirahat

Saat anda mengalami diare, biasanya tubuh anda akan terasa lemah. Dan untuk mengembalikan kondisi tubuh anda saat diare, bisa anda lakukan dengan istirahat yang cukup. Mengatasi diare saat hamil dengan istirahat yang cukup, sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Demikian sedikit informasi tentang cara mengatasi diare saat hamil. Cara yang anda gunakan untuk mengatasi diare saat hamil tersebut menggunakan cara yang alami, sehingga perlu dilakukan secara rutin. Tetapi yang paling penting cara mengatasi diare saat hamil tersebut tidak membawa dampak buruk untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

Cara Mengatasi Diare Saat Hamil Secara Alami. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *