Cara Aman Untuk Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil

Penyakit flu adalah jenis penyakit ringan yang bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Untuk anda ketahui, mengatasi flu pada ibu hamil tidak bisa memberi obat secara sembarangan. Apalagi obat yang dibeli di warung, karena ibu hamil tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat tanpa adanya resep dari dokter. Sebab kandungan yang terdapat dalam obat, akan berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan. Untuk mengatasi flu pada ibu hamil, bisa dilakukan secara alami. Dan tentu saja cara ini aman tidak hanya untuk anda, tetapi juga untuk calon bayi anda.

Berikut beberapa cara mengatasi flu pada ibu hamil, antara lain :

  1. Minum air putih hangat

Ketika anda mengalami flu saat hamil, sebaiknya kurangi mengkonsumsi air dingin. Anda dapat menggantinya dengan banyak mengkonsumsi air putih hangat. Cara mengatasi flu pada ibu hamil ini bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena mengeluarkan ingus, serta keringat yang keluar dari tubuh anda. Minumlah air putih hangat minimal 8 gelas setiap harinya.

  1. Uap air

Mengatasi flu pada ibu hamil juga dapat menggunakan uap air hangat. Manfaat dari uap dapat melegakan hidung yang tersumbat dan agar hasilnya lebih maksimal, anda dapat menambahkan dengan beberapa tetes minyak essensial ke dalam air hangat.

  1. Teh hangat atau coklat panas

Teh hangat dan coklat panas juga dapat anda gunakan untuk mengatasi flu pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi teh hangat atau coklat panas dapat mengatasi gejala flu seperti tenggorokan yang terasa gatal dan juga perih.

  1. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Agar flu yang anda alami selama masa kehamilan bisa teratasi, maka banyaklah mengkonsumsi buah serta sayuran. Karena dengan mengkonsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan system kekebalan tubuh anda, karena nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah sangat bermanfaat untuk tubuh anda.

  1. Kumur air garam

Mengatasi flu pada ibu hamil yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan berkumur dengan air garam. Kandungan dalam air garam akan membunuh kuman dan virus yang ada di bagian tenggorokan. Mengatasi flu pada ibu hamil dengan air hangat juga akan melegakan tenggorokan anda. Karena seperti diketahui, biasanya gejala flu ditandai dengan gangguan di bagian tenggorokan.

  1. Istirahat yang cukup

Ketika mengalami flu, sebaiknya anda perbanyak istirahat. Bagi anda yang sedang hamil, membutuhkan istirahat yang cukup, terlebih saat kondisi lemah karena menderita flu. Selain dengan istirahat yang cukup, sebaiknya batasi juga melakukan aktifitas di luar ruangan saat sedang flu.

Cara Aman Untuk Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil Penyakit flu adalah jenis penyakit ringan yang bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Untuk anda ketahui, mengatasi flu pada ibu hamil tidak bisa memberi obat secara sembarangan. Apalagi obat yang dibeli di warung, karena ibu hamil tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat tanpa adanya resep dari dokter. Sebab kandungan yang terdapat dalam obat, akan berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan. Untuk mengatasi flu pada ibu hamil, bisa dilakukan secara alami. Dan tentu saja cara ini aman tidak hanya untuk anda, tetapi juga untuk calon bayi anda.  Berikut beberapa cara mengatasi flu pada ibu hamil, antara lain : 1.	Minum air putih hangat Ketika anda mengalami flu saat hamil, sebaiknya kurangi mengkonsumsi air dingin. Anda dapat menggantinya dengan banyak mengkonsumsi air putih hangat. Cara mengatasi flu pada ibu hamil ini bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena mengeluarkan ingus, serta keringat yang keluar dari tubuh anda. Minumlah air putih hangat minimal 8 gelas setiap harinya. 2.	Uap air Mengatasi flu pada ibu hamil juga dapat menggunakan uap air hangat. Manfaat dari uap dapat melegakan hidung yang tersumbat dan agar hasilnya lebih maksimal, anda dapat menambahkan dengan beberapa tetes minyak essensial ke dalam air hangat.  3.	Teh hangat atau coklat panas Teh hangat dan coklat panas juga dapat anda gunakan untuk mengatasi flu pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi teh hangat atau coklat panas dapat mengatasi gejala flu seperti tenggorokan yang terasa gatal dan juga perih. 4.	Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran Agar flu yang anda alami selama masa kehamilan bisa teratasi, maka banyaklah mengkonsumsi buah serta sayuran. Karena dengan mengkonsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan system kekebalan tubuh anda, karena nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah sangat bermanfaat untuk tubuh anda.  5.	Kumur air garam Mengatasi flu pada ibu hamil yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan berkumur dengan air garam. Kandungan dalam air garam akan membunuh kuman dan virus yang ada di bagian tenggorokan. Mengatasi flu pada ibu hamil dengan air hangat juga akan melegakan tenggorokan anda. Karena seperti diketahui, biasanya gejala flu ditandai dengan gangguan di bagian tenggorokan. 6.	Istirahat yang cukup Ketika mengalami flu, sebaiknya anda perbanyak istirahat. Bagi anda yang sedang hamil, membutuhkan istirahat yang cukup, terlebih saat kondisi lemah karena menderita flu. Selain dengan istirahat yang cukup, sebaiknya batasi juga melakukan aktifitas di luar ruangan saat sedang flu. Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi flu pada ibu hamil. Bila cara mengatasi flu pada ibu hamil tersebut belum bisa mengatasi flu yang anda derita, sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. - Bidananda.com

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi flu pada ibu hamil. Bila cara mengatasi flu pada ibu hamil tersebut belum bisa mengatasi flu yang anda derita, sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter atau minimal ke bidan anda agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Aman Untuk Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *