7 perlakuan dasar pada bayi beberapa hari setelah lahir

Ada hal-hal dasar yang wajib dilakukan oleh seorang ibu saat anaknya baru lahir sampai beberapa hari setelah lahir. Perlakuan dasar ini sederhana tetapi banyak yang tidak mengetahuinya, atau bahkan salah dalam melakukannya. Karena itu saya berusaha merangkum 7 perlakuan dasar pada bayi beberapa hari setelah lahir. Berikut adalah perlakuan dasar itu, yaitu makan, tidur, buang air besar, buang air kecil, perawatan kulit dan terakhir adalah memperhatikan tanda bahaya. Apa saja yang harus dilakukan untuk 7 perlakuan dasar ini? berikut saya jelaskan.

Makan
Bayi anda kemungkinan akan merasa lapar setiap 2 sampai 4 jam. Untuk mengatasinya sesuaikan kondisi ini dengan jadwal anda, bangunkan dia untuk diberi makan 3 – 4 jam disaat anda terbangun. bayi hanya memerlukan ASI atau susu formula untuk 6 bulan pertama. Memberi makan bayi anda dengan makanan lain tidak akan membuat bayi anda tidur dengan nyenyak dan dapat menimbukan reaksi elergi. Ingat, sendawakan bayi anda setiap kali habis makan (baik susu formula ataupun ASI). Catatan: pemberian susu formula sebaiknya dihindari kecuali terpaksa, karena yang terbaik untuk anak ibu adalah ASI (air susu ibu).

Tidur
Bayi memerlukan waktu banyak untuk tidur, bahkan hampir semua waktunya adalah untuk tidur hanya sisa beberapa jam untuk hal lainnya. Untuk membuat bayi anda tidur ketika anda ingin tidur, ciptakan lingkungan yang nyaman dan memperkecil gangguan atau stimulasi. Letakkan bayi anda pada posisi miring atau tengkurap saat tidur.

Buang air besar
Bayi memiliki feses yang lengket, hitam kehijauan pada 2 hari pertama. Ini disebut mekoneum. Feses bayi dengan ASI akan berwarna hijau keemasan, lunak dan tampak seperti biji. Feses bayi yang menyusu dengan botol (susu formula) akan berwarna coklat gelap, lengket atau berbentuk. Bayi anda mempunyai feses 1 – 4 dalam sehari. Jika pada bayi anda tidak buang air besar dalam 2 hari, hubungi dokter anak.

7 perlakuan dasar pada bayi beberapa hari setelah lahir

Berkemih (buang air kecil)
Bayi anda akan mengompol sedikitnya 4 – 5 kali per hari. Hal ini akan sulit jika anda menggunakan pempres, pakai popok kain akan lebih baik untuk menghindari dari ruam popok (kemerahan pada pantat bayi) karena reaksi alergi pada penggunaan pampers.

Perawatan kulit
Mandikan bayi anda dengan sabun khusus bayi, rawat tali pusat bayi ketika mandi dengan air bersih. Keringkan dan bungkus tali pusat dengan kasa kering. Tali pusat akan terlepas dengan sendirinya setelah 5 – 7 hari. Gunakan popok dengan melipat bagian depan popok ke arah bawah sehingga tali pusat tidak iritrasi. Ketika bayi selesai buang air besar atau kecil lap dengan sabun dan air bersih, jangan menggunakan tisu basa berbahan dasar alkohol. Hindari pemakaian bedak dan pewangi untuk mencegah alergi pada kulit bayi.

Tanda bahaya
Segera hubungi doketer anak atau perawat-praktisi anda jika :

  • Bayi anda tampak lemah, tidak mau makan, atau bertingkah laku tidak wajar
  • Bayi tidak berkemi dalam waktu 24 jam pertama
  • Bayi tidak defeksi dalam waktu 48 jam pertama
  • Tali pusat berbau busuk atau terdapat pus yang keluar
  • Suhu bayi dibawa 36 derajat celcius atau diatas 37 derajat celcius, diukur pada ketiak
  • Bagian yang berwarna putih pada mata, berubah menjadi kuning dan warna kulit juga tampak kuning, kecoklatan, atau seperti buah persik

Nah ibu-ibu setelah saya uraikan 7 perlakuan dasar pada bayi beberapa hari setelah lahir diatas, saya sebagai seorang ibu dan sekaligus sebagai seorang bidan sangat berharap agar para ibu lebih mengerti tentang bayinya dan juga waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, selalu konsultasi dengan Bidan Anda atau dokter spesialis anak untuk keterangan serta informasi yang lebih mendetail. Semoga bermanfaat, Amin!

7 perlakuan dasar pada bayi beberapa hari setelah lahir. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, ,

Categories: Ibu dan Anak, Persalinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *