7 Cara Meningkatkan Kesuburan yang Mungkin Tidak Anda Tahu

Kali ini saya ingin memberikan beberapa pengetahuan teantang kesuburan yang telah saya baca tetapi saya tidak menjamin ini berlaku 100% kebenarannya, tetapi beberapa langkah sederhana berikut ini mungkin bisa membantu anda meningkatkan kesuburan yang bisa saja belum anda ketahui. Dengan demikian, kesempatan untuk hamil menjadi lebih besar. Hal-hal sederhana seperti memilih waktu berhubungan seksual, makanan yang anda konsumsi, bahan pelumas yang anda gunakan, serta faktor lingkungan ternyata bisa mempengaruhi mudah, cepat, atau lambatnya pasangan suami-istri bisa memiliki anak.

Jika anda belum memiliki anak, dan selama ini sedang berusaha untuk mendapatkan kehamilan, sebaiknya anda melakukan beberapa evaluasi terhadap gaya hidup yang anda jalani. Karena mungkin saja beberapa diantara aktifitas yang anda lakukan adalah faktor dibalik kegagalan anda selama ini untuk bisa hamil. Setidaknya ada 7 hal yang masuk dalam catatan saya yaitu sebagai berikut :

  1. Melindungi sperma
  2. Kurangi atau Hindari Kopi
  3. Berhenti Merokok
  4. Rutin Berhubungan Seksual
  5. Perhatikan saat Anda Menggunakan Pelumas
  6. Hindari Paparan Pestisida
  7. Konsumsi Ubi Jalar

7 Cara Meningkatkan Kesuburan pasangan suami istri

Melindungi Sperma

Melindungi sperma pria adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan, menambah jumlahnya sekaligus meningkatkan motilitasnya. Caranya cukup sederhana, salah satunya adalah dengan tidak sering menggunakan celana ketat, entah itu celana dalam atau celana jeans, tidak sering mandi air panas dan tidak sering berada di suhu yang panas.

Beberapa studi lain menunjukkan bahwa, pria yang sering memangku laptop, sering meletakkan smartphone atau handphone di kantong celana terutama di bagian depan dan di pinggang, cenderung memiliki kualitas sperma yang lebih sedikit. Tidak hanya itu, pria yang banyak menghabiskan waktu didepan TV, setidaknya 20 jam dalam seminggu memiliki sperma yang jauh lebih sedikit dan kualitasnya rendah.

Mungkin ini hanya mitos karena jurnal resmi belum pernah keluar, tetapi alangkah baiknya jika kita berusaha untuk melakukan ini demi harapan yang lebih baik pada keinginan kita.

Kurangi atau Hindari Kopi

Kopi memang minuman yang sangat menyenangkan apalagi diminum saat udara dingin, bahkan saya sendiri jika tidak minum kopi rasanya kepala menjadi pusing dan juga daya konsentrasi berkurang, tetapi ada sesuau dikopi ini yang kurang baik (menurut beberapa peniliti tetapi jurnal resminya saya sendiri belum pernah baca). Selama ini kita sering mendengar pembahasan mengenai kopi yang tidak dianjurkan apabila dikonsumsi ibu hamil, terutama apabila mengandung lebih dari 200 mg kafein. Namun tidak hanya pada saat hamil, mengkonsumsi terlalu banyak kopi, misalnya 5 cangkir sehari yang setara dengan 500 mg kafein dapat menyebabkan kesuburan menurun secara signifikan. Jadi, para ahli menyarankan setiap orang untuk mengkonsumsi kopi atau soda yang mengandung kafein dibawah 200 mg perhari.

Berhenti Merokok

Ada bapak pasangan walau tergolong perokok berat tetapi diberi karunia anak banyak, tetapi ini bukan alasan untuk tidak berhenti merokok, coba perhatikan pada bungkus rokok disana sudah tertulis jelas bahwa merokok itu berpengaruh pada kesuburan. Banyak pasangan yang kesulitan hamil, dan ternyata pasangan pria mereka biasanya merokok. Merokok bukan rahasia lagi apabila hal tersebut dapat menurunkan kesuburan seorang pria, sehingga wanita yang terpapar asap rokok pun bisa merasakan efeknya. Rokok secara langsung dapat mempengaruhi telur pada wanita dan dapat mempengaruhi produksi sperma serta menyebabkan kerusakan DNA pada pria.

Rutin Berhubungan Seksual

Melakukan hubungan suami istri secara rutin dan terencana memang diketahui berefek pada kualitas sperma dan juga kualitas atau kondisi kesiapan kandungan. Berhubungan seksual setiap 2 hari sekali atau tiga kali dalam seminggu ternyata memiliki banyak manfaat, dan bisa meningkatkan kesuburan seorang pria. Alih-alih menampung sperma, misalnya selama satu minggu sehingga jumlahnya lebih banyak, ternyata, hal tersebut justru merugikan karena motilitas sperma akan menurun sehingga kesulitan untuk berenang dan membuahi telur. Jadi, melakukan hubungan seks lebih sering, misalnya dua hari sekali serta memilih waktu-waktu dimana anda sebagai wanita mengalami ovulasi akan meningkatkan kesempatan hamil.

Perhatikan saat Anda Menggunakan Pelumas

Mungkin ini tidak populer bagi pasangan suami istri di Indonesia tetapi ada beberapa orang dari kalangan tertentu yang mungkin menggunaka bantuan peluas saat mau melakukan penetrasi kepada istrinya, hal ini mungkin saja disebabkan kurangnya pemanasan dalam memulai hubungan. Semakin sering anda berhubungan seksual tanpa melakukan foreplay, maka semakin sering anda menggunakan pelumas. Pelumas sebenarnya dapat menurunkan kesuburan sehingga harus dihindari.

Hindari Paparan Pestisida

Aspek ini sebenernya terkait dengan makanan yang kita makan, terutama sayur dan buah. Pestisida yang digunakan di dalam pertanian bisa sangat berbahaya bagi pria maupun kesuburan wanita. Jadi, jika anda akan mengkonsumsi makanan seperti sayur-sayuran maupun buah-buahan jangan lupa mencucinya hingga bersih, jika perlu kupas kulit buah yang akan anda makan, kulit buah memang diketahui banyak mengandung unsur yang dibutuhkan tubuh tetapi jika kandungan pestisidanya tinggi maka hal ini justru merusak tubuh anda, karena ada beberapa jenis pestisida yang memang sulit hilang walaupun sudah dicuci bersih.

Konsumsi Ubi Jalar

Terus terang konsumsi ubi jalar ini menurut pengetahuan saya belum terbukti secara ilmiah tetapi ada kalangan tertentu yang memang percaya pada efeknya. Tidak banyak yang tahu bahwa ubi jalar bisa meningkatkan kesuburan seorang pria maupun wanita. Bahkan, apabila dikonsumsi secara terus-menerus selama kurang lebih 3 bulan, ubi jalar bisa meningkatkan kesuburan hingga diluar batas. Kesuburan di luar batas tersebut dapat menyebabkan seorang ibu hamil bayi kembar.

Setelah mengetahui 7 cara yang mungkin bisa meningkatkan kesuburan anda sebagai pasangan suami istri, alangkah baiknya hal ini dicoba dan tentunya jika ingin menjalani program untuk hamil ataupun butuh tips kehamilan secara medis, silahkan datang ke dokter spesialis kandungan dikota anda, saya yakin mereka akan dengan senang hati membantu anda. Saran saya bagi pasangan yang memang mempunyai masalah kesulitan hamil, silahkan konsultasi kepada bidan atau dokter spesialis anda dan membeli buku bacaan tips hamil atau silahkan download ebooknya free Semoga bermanfaat. Amin!

7 Cara Meningkatkan Kesuburan yang Mungkin Tidak Anda Tahu. Post by: Dian Prawesty | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Berbagi pengalaman, Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *